(similarity) PENGARUH LATIHAN STANDING JUMP DAN INTERVAL SPRINT TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN DAN KECEPATAN TENDANGAN “T” PENCAK SILAT AL- IKHWAN JEMBER

Hardovi, Bahtiar Hari (2022) (similarity) PENGARUH LATIHAN STANDING JUMP DAN INTERVAL SPRINT TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN DAN KECEPATAN TENDANGAN “T” PENCAK SILAT AL- IKHWAN JEMBER. jurnal kejora, jurnal Kejora.

[img] Text
Article turnitin bahtiar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhhamadiyah jember mempunyai perguruan pencak silat Tapak Suci yang bernilai-nilai keislaman. Teknik dasar pencak silatnya sama seperti yang lainnya, ada kuda kua, langkah kaki, pukulan, tangkisan, elakan/hindaran, kuncian dan tendangan, serta bantingan. Setiap teknik terbagi menjadi beberapa bagian, seperti tendangan dalam pencak silat, antara lain tendangan sabit, gajul, lurus, belakang dan tendanga ‚„„T„„. Teknik tendangan dalam pencak silat teknik serangan yang sering dipakai hampir 80% dominan. Akan tetapi belum ditemukanya bentuk pelatihan yang tepat dalam meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot tungkai kaki. Berdasarkan hasil pengamatan, terlihat pada saat berlatih pencak silat di Al-ikwan dianggap kurang maksimal belum adanya aspek kecepatan kaki dan kekuatan otot tungkai kaki pada saat berlatih tendangan “T” pada pencak silat. Oleh karena itu pelatih dituntut berfikir kreatif, maka diperlukan metode latihan untuk mengatasi kesulitan. untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot tungkai atlit pencak silat di Al-ikhwan Jember diberikan solusi latihan standing jump dan interval sprint kecepatan dan kekuatan endangan T. Dalam lingkup kepelatihan, seorang pelatih harus mampu mengantarkan atletnya meraih prestasi setinggi-tinginya utamanya dalam pencak silat, baik prestasi tingkat regional, nasional dan internasional. Berdasarkan hasil hasil dan pembahasan penelitian ini peran kontribusi latihan standing jump dan interval sprint memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kekuatan dan kecepatan tendanan khususnya tendangan T. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari latihan standing jump dan interval sprint terhap tendangan T yang semakin meningkat.

Item Type: Peer Review
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 790 Recreational and Performing Arts
700 The Art, Entertainment and Sport > 790 Recreational and Performing Arts > 796 Athletic and Outdoor Sports
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Depositing User: hardovi bahtiar hari
Date Deposited: 10 Dec 2022 02:58
Last Modified: 10 Dec 2022 02:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15623

Actions (login required)

View Item View Item