(Similarity) Rancang Bangun Prototype Solar Tracker untuk Optimalisasi Pengisian Battery pada Solar Home System

Lusiana, Dewi and Nugroho, Aji Brahma and Rintyarna, Bagus Setya (2021) (Similarity) Rancang Bangun Prototype Solar Tracker untuk Optimalisasi Pengisian Battery pada Solar Home System. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justindo).

[img] Text
6 Cek plagiasi_Rancang Bangun Prototype Solar Tracker untuk Optimalisasi Pengisian Battery pada Solar Home System (3).pdf

Download (1MB)

Abstract

Solar home system sebagai alternatif penyediaan energi listrik untuk kebutuhan rumah tangga sudah mulai banyak digunakan baik sebagai pemasok energi utama maupun pemasok energi pendukung. Sebagai pemasok energi pendukung, di kota-kota besar solar home system sudah banyak digunakan, misalnya untuk memenuhi kebutuhan energi listrik sistem pemanas air. Solar home system sebenarnya adalah sistem pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas kecil. Komponen utamanya adalah panel surya yang merubah energi foton dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Efisiensi panel surya berbahan silikon yang biasa digunakan adalah 12 sampai dengan 14 persen untuk monokristalin dan 10 sampai 12 persen untuk polikristalin. Dengan efisiensi tersebut, pada penelitian ini diusulkan rancang bangun sebuah alat untuk meningkatkan tingkat penyerapan energi foton dari cahaya matahari pada panel surya. Tingkat penyerapan energi akan mencapai maksimum jika panel berada tegak lurus terhadap arah pancaran cahaya matahari. Alat yang dirancang terdiri dari sebuah detektor cahaya yang dirancang dengan menggunakan Light Dependent Resistor. Komponen pengendali utama yang bertugas melakukan komputasi untuk menentukan arah pancaran cahaya matahari adalah Mikrokontroller AT Mega 8535. Mikrokontroller selanjutnya juga berfungsi untuk menggerakkan Modul Menggerak Panel yang dirancang dengan motor dc sedemikian sehingga selalu bisa menyesuaikan arah panel agar terus tegak lurus terhadap arah pancaran cahaya matahari.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Solar Home System, Panel Surya, Mikrokontroller
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Bagus Setya Rintyarna
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:24
Last Modified: 23 Dec 2022 01:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item