(Similarity) Preferensi Konsumen Terhadap Produk By.U Dan MPWR Dengan Analisis SentimenBerbasis Multinomial Naïve Bayes

Setiawan, Alta Randika and Rintyarna, Bagus Setya and Cahyanto, Triawan Adi (2021) (Similarity) Preferensi Konsumen Terhadap Produk By.U Dan MPWR Dengan Analisis SentimenBerbasis Multinomial Naïve Bayes. Jurnal Smart Teknologi.

[img] Text
13 Preferensi konsumen_Jurnal Smart Teknologi.pdf

Download (477kB)

Abstract

Kebutuhan internet dibutuhkan untuk dapat mengakses informasi di era saat ini. Provider terus meningkatkan produk yang akan mereka jual, salah satunya yaitu membuat provider serba digital. by.U adalah salah satu layanan provider yang baru sebagai penyedia layanan serba digital pertama di Indonesia yang diluncurkan Telkomsel, dan juga terdapat MPWR yang diluncurkan oleh Indosat. Untuk mengetahui preferensi konsumen antara provider by.U dan MPWR dibutukan dari opini pelanggan. Opini pelanggan bisa didapatkan dari sumber twitter. Selanjutnya tweet akan digolongkan ke dalam 4 aspek fitur harga, jaringan, produk dan layanan menggunakan algoritma Cosine Similarity. Dan selanjutnya data akan di analisis sentimen menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes. Hasil akurasi terbaik pada dataset by.U 82 %, 80 % untuk presisi dan recall sebesar 75%. Sedangkan untuk dataset MPWR memiliki nilai akurasi terbaik sebesar 87.50 %, presisi 90.91 % dan untuk recall sebesar 90.91 %.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Twitter, Analisis Sentimen, Cosine Similarity, Multinomial Bayes.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Bagus Setya Rintyarna
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:30
Last Modified: 24 Jan 2023 04:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item