PENGARUH LAMA WAKTU FERMENTASI TERHADAP KADAR KAFEIN DAN NILAI pH KOPI ROBUSTA (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA/MA BERUPA E-BOOK)

Hindah, Nunuk Purwa (2022) PENGARUH LAMA WAKTU FERMENTASI TERHADAP KADAR KAFEIN DAN NILAI pH KOPI ROBUSTA (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA/MA BERUPA E-BOOK). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (605kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
11. ARTIKEL.pdf

Download (453kB)

Abstract

Kopi Robusta (Coffea canephora) merupakan salah satu jenis Kopi mengandung salah satu senyawa alkaloid yakni kafein. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi robusta sedikit lebih tinggi yakni sebanyak 1.6 – 2.5% sedangkan untuk kandungan pH pada kopi robusta berkisar di angka 5. Kadar kafein yang terlalu tinggi dapat menggangu kesehatan manusia salah satu cara menurunkan kadar kafein dan nilai pH pada kopi robusta adalah dengan cara fermentasi. Fermentasi kopi yang dilakukan memerlukan waktu yang tepat untuk menghasilkan produk kopi dengan kadar kafein dan pH yang di inginkan Penerapan lama waktu fermentasi dapat dioptimalkan dengan merumuskan kedalam sumber belajar biologi yang dapat disajikan melalui hasil penelitian berupa fakta dan konsep yang dapat di terapkan dalam E-BOOK. E-BOOK diartikan sebagai pelengkap buku paket disekolah yang telah disesuaikan untuk menunjang pembelajaran. Masalah pada penelitian ini yaitu apakah lama waktu fermentasi dapat berpengaruh terhadap penurunan kadar kafein dan nilai pH pada kopi robusta dan apakah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA berupa E-BOOK. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh lama waktu fermentasi terhadap Kadar Kafein dan Nilai pH Kopi Robusta serta Untuk mengetahui hasil penelitian lama waktu fermentasi terhadap Kadar Kafein dan Nilai pH Kopi Robusta dapat dikembangkan sebagai sumber belajar berupa E- Book yang valid. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi Dasar Universitas Muhammadiyah Jember serta Laboratoruim Bioteknologi FMIPA Universitas Jember. Jenis penelitian Rancanagan Acak Lengkap (RAL). Analisis data menggunakan Anova satu faktor dilanjutkan dengan uji kruskal wallis untuk kadar kafein dan tukey untuk nilai pH dengan menggunakan taraf signifikasi 0,05, serta menerapkan pengembangan produk dengan model 4D. Hasil penelitian pengaruh lama waktu fermentasi terhadap kadar kafein dan nilai pH kopi robusta menyatakan bahwa lama waktu fermentasi dapat menurunkan kadar kafein dan nilai pH serta dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi berupa E-BOOK dengan nilai rata-rata keseluruhan diterima atau sudah sesuai (Valid).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lama Waktu Fermentasi, Kopi Robusta, Sumber Belajar Biologi, E-BOOK
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Nunuk Purwa Hindah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:21
Last Modified: 26 Dec 2022 01:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15730

Actions (login required)

View Item View Item