(Similarity) Evaluasi Kinerja Konstruksi Jalan pada Jalan Kabupaten dan Solusinya (Studi Kasus : Jalan Moh. Yamin, Kec. Kaliwates, Kab. Jember)
Rizal, Nanang Saiful (2021) (Similarity) Evaluasi Kinerja Konstruksi Jalan pada Jalan Kabupaten dan Solusinya (Studi Kasus : Jalan Moh. Yamin, Kec. Kaliwates, Kab. Jember). Smart Teknologi, Indonesia.
Text
2 Plagiasi.pdf (1).pdf Download (487kB) |
Abstract
Kontruksi jalan mempunyai peranan yang cukup besar dalam tatanan perkembangan pembangunan
nasional. Dalam kelompok sektor transportasi, jalan raya berpotensi sebagai penyedia akses
transportasi jasa dan barang keseluruh wilayah yang berdampak sebagai akselerasi pembangunan
wilayah maupun regional. Sebagai salah satu moda transportasi darat, jalan raya merupakan pemicu
dinamika pembangunan untuk menumbuhkan dan meningkatkan perkembangan pembangunan
nasional. Jalan Moh. Yamin Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember merupakan jalan yang termasuk ke
dalam kelas jalan kabupaten. Jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif dari dan menuju pusat
kota Jember, sehingga membuat volume kendaraan di jalan ini bertambah. Selain itu, jalan ini berada
di kawasan perumahan. Drainase di jalan tersebut sering terjadi genangan saat curah hujan tinggi
karena fungsi drainase yang tidak dapat menampung derasnya hujan. Pemilihan penelitian tugas
akhir ini alasannya karena seringnya terjadi kerusakan pada badan jalan tersebut. Untuk itu
diperlukan evaluasi kembali perhitungan tebal perkerasan lentur dan drainase jalannya. Dari hasil
analisa dan pembahasan untuk kinerja jalan berdasarkan hasil survey dan perhitungan volume lalu
lintas jam puncak saat pandemi tahun 2020 = 1345,3 kendaraan/jam DS = 0,68 smp/jam dengan
tingkat pelayanan C, sedangkan peramalan kondisi lalu lintas 20 tahun dengan asumsi i = 5% jam
puncak saat pandemi tahun 2040 = 3748,84 kendaraan/jam DS = 1,91 smp/jam dengan tingkat
pelayanan F, sementara untuk jam puncak sebelum pandemi tahun 2020 = 1681,62 kendaraan/jam
DS = 0,85 dengan tingkat pelayanan E, sedangkan untuk peramalan kondisi lalu lintas 20 tahun
dengan asumsi i = 5% jam puncak sebelum pandemi tahun 2040 = 4686,05 kendaraan/jam DS = 2,38
smp/jam dengan tingkat pelayanan F. Untuk perhitungan perencanaan tebal perkerasan lentur dari
kondisi eksisting dilapangan didapatakan tebal perkerasan lenturnya HRS WC = 3 cm, HRS Base 3
cm, LPA Kelas A = 20 cm, dan LPA Kelas B = 10 cm, sedangkan dari hasil perhitungan metode
Bina Marga 2013 untuk umur rencana 20 tahun HRS WC = 3 cm, HRS Base 3,5 cm, LPA Kelas A
= 25 cm, LPA Kelas B = 12,5 cm. Sementara dari hasil perencanaan dimensi saluran drainase
didapatkan tinggi dan lebarnya 1 m, tinggi jagaan 0,3 m, dan ketebalan pasangan batu kali 0,3 m.
Kata Kunci: Konstruksi Jalan, Kinerja Jalan, Perkerasan Tekuk, Drainase
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Nanang Saiful Rizal | nanangsaifulrizal@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 31 Dec 2022 02:21 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15770 |
Actions (login required)
View Item |