(Similarity) Evaluasi Kinerja Konstruksi Jalan pada Jalan Kabupaten dan Solusinya (Studi Kasus : Jalan Moh. Yamin, Kec. Kaliwates, Kab. Jember)

Rizal, Nanang Saiful (2021) (Similarity) Evaluasi Kinerja Konstruksi Jalan pada Jalan Kabupaten dan Solusinya (Studi Kasus : Jalan Moh. Yamin, Kec. Kaliwates, Kab. Jember). Smart Teknologi, Indonesia.

[img] Text
2 Plagiasi.pdf (1).pdf

Download (487kB)

Abstract

Kontruksi jalan mempunyai peranan yang cukup besar dalam tatanan perkembangan pembangunan nasional. Dalam kelompok sektor transportasi, jalan raya berpotensi sebagai penyedia akses transportasi jasa dan barang keseluruh wilayah yang berdampak sebagai akselerasi pembangunan wilayah maupun regional. Sebagai salah satu moda transportasi darat, jalan raya merupakan pemicu dinamika pembangunan untuk menumbuhkan dan meningkatkan perkembangan pembangunan nasional. Jalan Moh. Yamin Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember merupakan jalan yang termasuk ke dalam kelas jalan kabupaten. Jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif dari dan menuju pusat kota Jember, sehingga membuat volume kendaraan di jalan ini bertambah. Selain itu, jalan ini berada di kawasan perumahan. Drainase di jalan tersebut sering terjadi genangan saat curah hujan tinggi karena fungsi drainase yang tidak dapat menampung derasnya hujan. Pemilihan penelitian tugas akhir ini alasannya karena seringnya terjadi kerusakan pada badan jalan tersebut. Untuk itu diperlukan evaluasi kembali perhitungan tebal perkerasan lentur dan drainase jalannya. Dari hasil analisa dan pembahasan untuk kinerja jalan berdasarkan hasil survey dan perhitungan volume lalu lintas jam puncak saat pandemi tahun 2020 = 1345,3 kendaraan/jam DS = 0,68 smp/jam dengan tingkat pelayanan C, sedangkan peramalan kondisi lalu lintas 20 tahun dengan asumsi i = 5% jam puncak saat pandemi tahun 2040 = 3748,84 kendaraan/jam DS = 1,91 smp/jam dengan tingkat pelayanan F, sementara untuk jam puncak sebelum pandemi tahun 2020 = 1681,62 kendaraan/jam DS = 0,85 dengan tingkat pelayanan E, sedangkan untuk peramalan kondisi lalu lintas 20 tahun dengan asumsi i = 5% jam puncak sebelum pandemi tahun 2040 = 4686,05 kendaraan/jam DS = 2,38 smp/jam dengan tingkat pelayanan F. Untuk perhitungan perencanaan tebal perkerasan lentur dari kondisi eksisting dilapangan didapatakan tebal perkerasan lenturnya HRS WC = 3 cm, HRS Base 3 cm, LPA Kelas A = 20 cm, dan LPA Kelas B = 10 cm, sedangkan dari hasil perhitungan metode Bina Marga 2013 untuk umur rencana 20 tahun HRS WC = 3 cm, HRS Base 3,5 cm, LPA Kelas A = 25 cm, LPA Kelas B = 12,5 cm. Sementara dari hasil perencanaan dimensi saluran drainase didapatkan tinggi dan lebarnya 1 m, tinggi jagaan 0,3 m, dan ketebalan pasangan batu kali 0,3 m. Kata Kunci: Konstruksi Jalan, Kinerja Jalan, Perkerasan Tekuk, Drainase

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Nanang Saiful Rizal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:21
Last Modified: 31 Dec 2022 02:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item