PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA TERNAK AYAM PETELUR (STUDY KASUS PADA PETERNAKAN AYAM TELUR BAROKAH DI DESA JAMBEARUM)

Zakiyah, Rina Riza (2022) PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA TERNAK AYAM PETELUR (STUDY KASUS PADA PETERNAKAN AYAM TELUR BAROKAH DI DESA JAMBEARUM). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (570kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memanfaatkan metode full costing dengan menggunakan mark up dalam penentuan harga pokok pada ayam petelur, dimana peneliti memilih peternakan ayam petelur barokah yang bertempat di desa Jambearum. Alasan peneliti memilih tempat penelitian adalah peternakan ayam petelur barokah dalam menentukan harga pokok masih menggunakan metode tradisiol dan juga menentukan harga pokok telur dengan hanya mengikuti teman sesama peternak, sehingga peternakan tidak mengetahui apakah mendapatkan laba atau rugi yang dialami oleh perusahaan dan menjadi sulit dalam bersaing dalam menentukan dan merencanakan keputusan yang akan diambil kedepannya menjadi kesulitan. Dengan demikian, maka ada kekurangan yang dilakukan oleh peternakan ayam petelur barokah dalam menentukan harga pokok tersebut. Karena metode ini sudah ketinggalan zaman atau kurang efektif dalam menentukan harga pokok, sedangkan dengan berkembangnya zaman maka muncul metode – metode lain yang lebih efektif dan efisien salah satunya dengan menggunakan metode full costing. Sehingga penelitian ini bertujuan membandingkan penggunaan metode yang dilakukan oleh peternakan ayam petelur barokah dengan metode full costing, maka akan diketahui yang lebih efektif dan yang lebih efisien dalam penggunaan metode penentuan harga pokok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yakni dengan menghitung pengeluaran yang dilakukan oleh peternakan baik pengeluaran langsung atau pengeluaran tidak langsung, dengan kemudian peneliti menjelaskan hasil yang didapat dengan penggunaan metode tersebut. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode yang pokok yang digunakan oleh peternakan ayam telur barokah mendapatkan hasil Rp 5.492,97, sedangkan penghitungan harga pokok dengan menggunakan metode full costing mendapatkan hasil Rp. 5.527,89. Sehingga terdapat selisih Rp. 34,92. Selisih ini timbul dari penghitungan biaya overhead yang ada pada penggunaan metode full costing, dimana pada penghitungan paternakan ayam telur barokah tidak di hitung, karena tidak mengeluarkan biaya untuk menutupi biaya tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode full costing penghitungannya lebih terperinci, dan kemudian menggabungkan dengan metode Mark Up guna menaikkan harga pokok produksi. Penggunaan Mark Up pada penelitian ini sebesar 70% sehingga mendapatkan harga jual perbutir telur menjadi Rp 9.397,44. Setelah di hitung dengan biaya dan telur yang dihasilkan maka total laba bersih yang diterima oleh peternakan ayam telur barokah sebesar Rp. 449.577.770. Sehingga dengan harga jual yang tepat berdasarkan harga pokok produksi yang dihitung menggunakan metode full costing serta target laba yang sesuai, maka akan didapat laporan laba rugi perusahaan yang jauh lebih akurat untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan di masa depan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penentuan Harga pokok produksi, Full Costing
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: RINA RIZA ZAKIYAH
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:27
Last Modified: 12 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item