Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember

SAIPUL WAKIT, SAIPUL (2020) Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. IPTKES: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6 (1). pp. 28-33. ISSN 2527-5216

[img] Text
Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu aspek pendidikan agama yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca Al-Qur'an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan pendidikan agama termasuk pendidikan membaca Al-Qur'anMetode Qiroati adalah suatu model dalam belajar membaca Al Quran yang secara langsung (tanpa dieja) dan menggunakan atau menerapkan pembiasaan membaca tartil sesuai dengan kaidah tajwid (Zarkasiy, 1989). Ada dua hal yang mendasari dari definisi metode Qiroati, yaitu membaca Al Quran secara langsung dan pembiasaan dalam membaca tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Keberhasilan suatu program, terutama pengajaran dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari pemilihan metode dan menggunakan metode itu sendiri. Banyak sekali metode pengajaran oleh para pendidikan Islam, karna dengan adanya metode ini kemudian banyak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan pengajaran Al-Qur'an seperti TPA, TPQ yang semuanya itu bertujuan untuk memberikan pengajaran terhadap anak-anak dalam membaca Al-Qur'an.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode; al-qur’an dan qiroati; pendidikan
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education
200 Religious > 210 Philosophy and Theory of Religion > 215 Science & Religion
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: SAIPUL WAKIT
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:19
Last Modified: 13 Jan 2023 01:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item