SAIPUL WAKIT, SAIPUL (2020) Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. IPTKES: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6 (1). pp. 28-33. ISSN 2527-5216
Text
Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu aspek pendidikan agama yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca Al-Qur'an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan pendidikan agama termasuk pendidikan membaca Al-Qur'anMetode Qiroati adalah suatu model dalam belajar membaca Al Quran yang secara langsung (tanpa dieja) dan menggunakan atau menerapkan pembiasaan membaca tartil sesuai dengan kaidah tajwid (Zarkasiy, 1989). Ada dua hal yang mendasari dari definisi metode Qiroati, yaitu membaca Al Quran secara langsung dan pembiasaan dalam membaca tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Keberhasilan suatu program, terutama pengajaran dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari pemilihan metode dan menggunakan metode itu sendiri. Banyak sekali metode pengajaran oleh para pendidikan Islam, karna dengan adanya metode ini kemudian banyak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan pengajaran Al-Qur'an seperti TPA, TPQ yang semuanya itu bertujuan untuk memberikan pengajaran terhadap anak-anak dalam membaca Al-Qur'an.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode; al-qur’an dan qiroati; pendidikan | ||||||
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education 200 Religious > 210 Philosophy and Theory of Religion > 215 Science & Religion |
||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | ||||||
Depositing User: | SAIPUL WAKIT | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | saipulwakitunmuh@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15930 |
Actions (login required)
View Item |