Analisis Engagement Rate untuk Optimalisasi Pemasaran di Instagram pada UMKM Online berbasis Website

Ramadhan, Nuzul Zaif Mahdiono (2022) Analisis Engagement Rate untuk Optimalisasi Pemasaran di Instagram pada UMKM Online berbasis Website. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (653kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran platform sosial media yang terjadi telah cukup menarik perhatian para profesional dan akademisi tentang customer engagement pada media sosial. Jejaring sosial media dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk membangun komunikasi antara masyarakat dan brand. Salah satu sosial media yang paling digunakan di dunia, termasuk indonesia adalah Instagram, pemilik akun tidak cukup hanya sekedar menampilkan foto produk melainkan dengan memperhatikan aspek engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana manfaat dalam menggunakan aplikasi analyze terhadap moderasi perkembangan suatu akun. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tahu perbandingan tingkat engagement pada media konten foto, video dan indikator jumlah like, komentar, followers dapat menjadikan indikator suatu ketertarikan dalam mengunjungi profil. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data yang diunggah oleh dua akun instagram menggunakan metode engagement rate dan data responden sebanyak 81 yang diperoleh melalui penyebaran link angket google forms dengan pengujian regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun instagram yang diujikan pada @musaechips dengan perolehan skor engagement rate terbaru sebesar 0.81% dengan jarak konten yang diposting sangat amat lama dari postingan sebelumnya dan akun instagram @berliaannaabilaa mendapat perolehan skor engagement rate terbaru sebesar 12.31%. Selain itu, berdasarkan hasil regresi linier berganda bahwa aplikasi analyze memiliki pengaruh kemanfaatan dan kemudahan pengguna dalam memoderasi perkembangan suatu akun. Hasil akhir menunjukkan bahwa aspek engagement rate dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam melakukan riset perkembangan suatu akun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Engagement,Engagement Rate, Technology Acceptance Model,Instagram, Website
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Nuzul Zaif Mahdiono Ramadhan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosyidah, Ulya AnisaturNIDN0710037903
Thesis advisorRahman, MiftahurNIDN0729017601
Contact Email Address: business.mynddigital@gmail.com
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:35
Last Modified: 24 Jan 2023 01:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16029

Actions (login required)

View Item View Item