Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Harga Diri Rendah di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsengon Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember

Agustin, Iva (2023) Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Harga Diri Rendah di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsengon Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (465kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Harga diri rendah adalah perasaan tidak berharga, tidak berarti dan rendah diri yang berkepanjangan akibat evaluasi yang negatif terhadap diri sendiri atau kemampuan diri. Harga diri rendah terbagi menjadi dua jenis, yaitu harga diri rendah situasional dan harga diri rendah kronis. Harga diri rendah kronis adalah perasaan negatif terhadap dirinya sendiri atau kemampuan yang tidak berharga, tidak berdaya, tidak berarti yang berlangsung lama dan terus-menerus. Berdasarkan hasil survey lapangan di bulan Oktober tahun 2022 melalui data di Puskemas Banjarsengon, dari lima kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Banjarsengon didapatkan data bahwa 34 warga didiagnosa harga diri rendah kronis. Peran perawat sangatlah penting untuk mengatasi masalah klien dengan harga diri rendah, diantaranya adalah dengan menggali aspek positif yang dimiliki klien dan melatihnya. Penelitian ini bertujuan untuk Melaksanakan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien yang mengalami Harga Diri Rendah Di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode: Desain dari penelitian ini adalah Studi Kasus Pada Nn. S dan Nn. A yang mengalami Harga Diri Rendah Kronis.. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Implementasi yang digunakan menggunakan strategi pelaksanaan harga diri rendah. Hasil penelitian menunjukkan intervensi terapi SP 1-4 terbukti memberikan pengaruh yang baik dan signifikan terhadap peningkatan harga diri Nn. A dan Nn. S. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi keperawatan efaktif dilakukan pada klien dengan harga diri rendah. Kata kunci: Asuhan Keperawatan Jiwa; Harga Diri Rendah Daftar Pustaka: 22 (2014-2022)

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan Jiwa, Harga Diri Rendah
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 616 Diseases
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: IVA AGUSTIN NURAINI
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:05
Last Modified: 17 Jan 2023 06:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item