(Similarity) Analisa Pengaruh Purifikasi Biogas dengan Treatment Kalor pada Adsorben untuk Mengetahui Karakteristik Pembakaran

Prasetiyo, Dani Hari Tunggal and Anugrah, Akbar and Abidin, Asroful and Pambudi, Setyo and Utomo, Rochmad Eko Prasetyaning (2022) (Similarity) Analisa Pengaruh Purifikasi Biogas dengan Treatment Kalor pada Adsorben untuk Mengetahui Karakteristik Pembakaran. Universitas Muhammadiyah Mataram, https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/11773.

[img] Text
Analisa Pengaruh Purifikasi Biogas dengan Treatment Kalor pada Adsorben untuk Mengetahui Karakteristik Pembakaran-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan energi yang semakin meningkat maka diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah penggunaan energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi adalah biogas. Komposisi biogas didominasi oleh CH4 dan CO2. Namun, pembakaran biogas kurang optimal, hal ini dikarenakan biogas mengandung CO2. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengurangi kadar CO2. Untuk mengurangi kadar CO2 dapat dilakukan dengan proses purifikasi. Pada penelitian ini proses purifikasi dilakukan dengan metode treatment kalor pada adsorben. Adsorben yang digunakan pada penelitian ini adalah larutan KOH. Temperatur yang digunakan saat treatment kalor sebesar 20degC, 25degC, 30degC, 35degC, 40degC dan 45degC sedangkan konsentrasi larutan KOH sebesar satu molar. Penelitian menghasilkan data laju pembakaran dan tinggi api. Nilai laju pembakaran tertinggi sebesar 49,970 cm/s dengan temperatur treatment kalor sebesar 45degC sedangkan terendah sebesar 36,603 cm/s tanpa proses purifikasi. Kemudian nilai tinggi api tertinggi sebesar 23,142 mm tanpa purifikasi sedangkan terendah sebesar 13,158 mm dengan temperatur treatment kalor pada adsorben sebesar 45degC.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Asroful Abidin
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contact Email Address: asrofulabidin@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:16
Last Modified: 19 Jan 2023 04:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item