Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Studi Lapangan di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember)

Huwaida, Hasna' (2022) Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Studi Lapangan di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember). TRILOGI: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta.

[img] Text
Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah_Trilogi_Hasna' Huwaida.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Turnitin 2_Hasna' Huwaida_Artikel Penelitian tentang Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci PIM.pdf

Download (536kB)

Abstract

Islam sebagai agama yang membawa pengertian tauhid dalam ajarannya, tak ayal haruslah menjadi jalan hidup atau way of life bagi setiap pengikutnya. Islam merupakan cara pandang setiap muslim terhadap dunia dan kehidupan yang menyertainya. Hal ini menjadi wajar sebab agama Islam telah memberikan penjelasan yang amat rinci di segala bidang kehidupan. Tak hanya masalah ibadah saja, tetapi termasuk di dalamnya masalah politik, sosial dan budaya. Karenanya, kehidupan seorang muslim tidak akan mungkin lepas dari nafas Islam utamanya dari nilai tauhid. Tapak Suci Putera Muhammadiyah merupakan salah satu wadah pengkaderan Muhammadiyah bagi generasi muda. Se-bagai wadah bagi anak muda tersebut, tentu ada upaya-upaya yang dilakukan dalam pemenuhan misi penanaman nilai-nilai tauhid dalam setiap kegiatannya. Salah satu padepokan yang aktif bagi kegiatan tapak suci adalah Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember. Penelitian ini bertujuan mengupas berbagai macam kegiatan yang mengandung pendidikan tauhid bagi anggota muda Tapak Suci di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember. Serta menjelaskan tentang metode pelaksaan pendidikan tauhid dalam Tapak Suci yang digunakan. Jenis penelitian yang telah lakukan ini adalah field research, atau studi lapangan dengan cara peneliti terjun secara langsung ke tempat penelitian. Adapun metode penelitian yang kami gunakan adalah metode deskriptif, sedangkan pen-dekatannya adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan beberapa kegiatan yang dilakukan Tapak Suci untuk menanamkan nilai tauhid, serta metode-metode pendidikan tauhid yang digunakan di setiap kegiatan tersebut. Hasil ini menunjukkan kepedulian Tapak Suci sebagai ortom Muhammadiyah atas pentingnya penanaman pendidikan tauhid bagi seluruh anggotanya. Keywords: Pendidikan Tauhid; Tapak Suci; Muhammadiyah

Item Type: Peer Review
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.211 3 Tawhid (Unity of God)
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and Propagation of Islam > 297.77 Islamic Religious Education
Divisions: Faculty of Health > Diploma of Nursing (D3)
Depositing User: Hasna' Huwaida
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:18
Last Modified: 19 Jan 2023 07:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item View Item