Model Perlindungan Huklum Dalam Melindungi Pemegan g Hak Ciopta Dari Situs Penyedia Film Gratis (Suatu Studi Terhadap Perkara No: 762/Pidsus/2020/PN/Jmb.)

Iman, Muh and Fauziyahj, Fauziyah (2023) Model Perlindungan Huklum Dalam Melindungi Pemegan g Hak Ciopta Dari Situs Penyedia Film Gratis (Suatu Studi Terhadap Perkara No: 762/Pidsus/2020/PN/Jmb.). [Teaching Resource]

[img] Text
LAPORAN AKHIR RISET MADYA.pdf

Download (863kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Model Perlindungan Hukum Dalam Melindungi Pemegangng Hak Cipta Atas Film Dari Situs Penyedia Film Gratis ( StudiTerhadap Putusan Perkara No. 762/Pid. Sus/2020/ PN. Jmb ) hendak mengkritisi terhadap putusan Pengadilan dengan nomor sebagaimana diuraikan tersebut di atas, apakan terhadap pertimbangan Hakim yang ada itu sudah tepat jika dipandang dari sudut kajian yang ada dalam teori. Menurut teori yang berkaitan dengan hak cipta yang diatur dalam Undang- undang No. 28 tahun 2014. Menurut Undang-undang No. 28 tahun 2014 ini dikatakan, Film merupakan kekayaan intelektual dan melekat pada diri penciptanya. Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, film merupakan karya cipta seni budaya yang merupakan pranata sosial dan media komunikasi massa yang dibuat berdasarkan kaidah sinematografi dengan atau tanpa suara dan di pertunjukkan.1 Sebagai sebuah karya seni, film merupakan objek hak cipta yang dilindungi oleh Undang- undang. Maka dari itu pembuat film memiliki hak eksklusif untuk pengadaan dari karya ciptaannya untuk melindungi karya ciptanya dari pihak lain. Hak eksklusif yang dimaksud seperti mengumumkan dan memperbanyak karya ciptanya atau memberikan izin kepada pihak lain dengan tujuan mendapat keuntungan secara ekonomis berdasarkan haknya yaitu hak ekonomi. Dengan Penelitian ini diharapkan diperoleh jawaban tentang Model perlindungan yang diterapkan oleh hakim dalam menangani Kasus yang berkaitan dengan pemegang hak cipta atas Film dari situs penyedia Film Gratis.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 345 Criminal Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Muh Iman
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:22
Last Modified: 07 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16564

Actions (login required)

View Item View Item