TINJAUAN YIRIDIS PENERAPAN ASAS GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER (BERDASARKAN PERMENKEU NOMOR 128/PMK.07/2022) TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA

Novanto, Brian Novanto (2023) TINJAUAN YIRIDIS PENERAPAN ASAS GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER (BERDASARKAN PERMENKEU NOMOR 128/PMK.07/2022) TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (877kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (849kB)
[img] Text
9. JURNAL.pdf

Download (524kB)

Abstract

Dalam pemerintahan desa tidak ada yang luput dari pengelolaan dana desa, yang dimana pengelolaan dana desa tersebut dapat digunakan untuk pembangunan desa. Tujuan dari sebuah penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan dana desa yang telah digunakan untuk pelaksanaan pembangunan desa sudah sesuai dengan Permenkeu Nomor 128/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa dan asas akuntabilitas dari kepemerintahan yang baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris. Kegiatan dalam penelitian ini dilaksanakan di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dengan cara melakukan sebuah observasi dan wawancara secara langsung dengan pihak dari Pemerintah Desa yang terdiri dari Kepala Desa Nogosari, Sekretaris Desa Nogosari, Bendahara Desa Nogosari sehingga peneliti menemukan sebuah hasil dari penelitian ini yang menyatakan bahwa pengelolaan dana desa yang telah dilakukan oleh pihak dari Pemerintah Desa Nogosari telah sesuai dengan Permenkeu Nomor 128/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana desa dan pihak dari Pemerintah Desa Nogosari juga telah menerapkan asas akuntabilitas dari kepemerintahan yang baik untuk Pembangunan Desa. Begitu pula Pemerintah Desa Nogosari harus berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti Peraturan Menteri Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Pembangunan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Brian Shella Novanto
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:49
Last Modified: 15 Mar 2023 07:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item