(Turnirin + Document) ANALISIS PERILAKU OPTIMALISASI PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI WILAYAH PUSKESMAS SUMBERSARI JEMBER

Asmuji, Asmuji (2017) (Turnirin + Document) ANALISIS PERILAKU OPTIMALISASI PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI WILAYAH PUSKESMAS SUMBERSARI JEMBER. Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia.

[img] Text
8.pdf

Download (283kB)
[img] Text
8.Turnitin pdf.pdf

Download (334kB)

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) sangatlah penting bagi bayi baru lahir karena merupakan sumber nutrisi utama. Banyak faktor yang mempengaruhi ASI terhambat untuk diproduksi secara optimal, padahal ASI ini yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Faktor tersebut antara lain karena pengetahuan dan perilaku stimulasi produksi ASI yang belum maksimal, tertundanya pertemuan ibu dan bayi, dukungan suami kurang optimal, nutrisi yang kurang seimbang, ibu terlalu muda (pengalaman kurang) dan lain-lainnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku optimalisasi produksi ASI pada ibu postpartum bekerja dan tidak bekerja. Penelitian ini menggunakan desain Deskriptif Korelasional, dengan sampel 62 responden yang terbagi yaitu 30 ibu postpartum bekerja dan 32 ibu postpartum tidak bekerja yang ada di Wilayah Puskesmas Sumbersari Jember. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dan skala likert, dengan analisa data menggunakan Chi Square (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan perilaku pada ibu postpartum bekerja dan tidak bekerja terhadap optimalisasi produksi ASI, dengan P Value sebesar 0,043. Mengingat pentingnya ASI bagi bayi, maka direkomendasikan yaitu meskipun ibu bekerja disarankan tetap memiliki motivasi untuk mengoptimalkan produksi ASI, sedangkan pada ibu postpartum yang tidak bekerja disarankan menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam mensukseskan perilaku mengoptimalkan produksi ASI.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Asmuji Asmuji
Date Deposited: 01 Apr 2023 01:31
Last Modified: 01 Apr 2023 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16758

Actions (login required)

View Item View Item