(Similarity) Kinerja Parkir Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Lahan Parkir Pada Stasiun Kereta Api Rambipuji (Daop IX Jember)
Irawati, Irawati and Aditya Putra Vidiyanto, Fadhil and GUNASTI, AMRI (2018) (Similarity) Kinerja Parkir Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Lahan Parkir Pada Stasiun Kereta Api Rambipuji (Daop IX Jember). Jurnal Hexagon, Indonesia.
![]() |
Text
1.C.5b.5-Plagiasi Jurnal Nasional No. 5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Prasana stasiun kereta api merupakan prasarana transportasi khusus atau dipisahkan dengan
sistem jaringan transportasi darat yang lain. Jasa kereta api sangat dibutuhkan masyarakat
sebagai angkutan ekonomis dibanding dengan angkutan lainnya. Stasiun Rambipuji merupakan
stasiun kelas II yang termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Pada stasiun kereta api dalam
meningkatkan pelayanan diperlukan tata ruang atau fasilitas yang baik. Seperti ruang parkir
kendaraan, ruang tunggu penumpang, gudang bongkar muat barang maupun fasilitas lainnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir dan mengetahui kinerja pelayanan
ruang parkir stasiun Rambipuji. Pada penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik parkir pada
stasiun rambipuji yaitu dengan menggunakan metode pengamatan dan analisa perhitungan,
sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa lahan parkir menggunakan
metode Quisioner Service Quality. Pada kedua metode ini semua memiliki porsi kepentingan
tersendiri. Metode pengamatan dan analisa perhitungan digunakan untuk mengetahui seluruh karakteristik parkir yang ada pada Stasiun Rambipuji, sedangkan metode Quisioner Service
Quality digunakanuntuk pengukuran presepsi penumpang pengguna jasa lahan parkir
dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada 49 responden untuk mengetahui nilai harapan
dan nilai aktual peformance yang diterima penumpang kereta api rambipuji. Dari hasil analisa
perhitungan, di ketahui nilai DS 2018 jalan darmawangsa yaitu sebesar 0,1907520 smp/jam
dan masuk pada tingkat pelayanan A, sedangkan DS 2023 sebesar 0,24341919742 smp/jam
dan masuk pada tingkat pelayanan B. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan kapasitas statis
yaitu R2 38 SRP dan R4 14 SRP. Rata-rata harapan penumpang pengguna lahan parkir yaitu
sebesar 4,144 dengan nilai rata-rata aktual penumpang pengguna lahan parkir yaitu 2,960.
Kualitas yang ada pada indikator yang ada pada Quisioner tidak ada yang lebih dari nilai 1 itu
menandakan semua indikator memiliki kualitas yang buru. Pada uji hipotesis yang
menggunakan uji z secara keseluruhan indikator masuk dalam kategori berbeda nyata dengan Z
tabel 5% atau 1,96 dan 1% atau 2,57.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | ruang parkir, karakteristik lahan parkir, kepuasan pengguna lahan parkir,kebutuhan ruang parkir, stasiun rambipuji, uji z. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Irawati Irawati | irawati@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 01 Apr 2023 01:40 |
Last Modified: | 01 Apr 2023 01:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |