Similarity +dokumen Evaluasi Kerusakan Perkerasan Jalan Raya Berbasis Web Service Mapping & Solusinya
Irawati, Irawati and Manfaluti, Ahmad Lutfi and DARYANTO, DARYANTO (2020) Similarity +dokumen Evaluasi Kerusakan Perkerasan Jalan Raya Berbasis Web Service Mapping & Solusinya. Jurnal Hexagon, Indonesia.
![]() |
Text
1.C.5b.7-Plagiasi Jurnal Nasional No. 7.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
1.C.5b.7-Artikel Jurnal Nasional No. 7.pdf Download (383kB) |
Abstract
Pada ruas Jl. M. H. Thamrin dengan panjang 2,1 km dan lebar 6,5 m dengan perkerasan lentur terdapat
berbagai macam kerusakan seperti retakan, tambalan, amblas, kegemukan, dan alur disepanjang ruas jalan
tersebut. Evaluasi kondisi kerusakan jalan sangat perlu dilakukan untuk monitoring seberapa tingkat kerusakan
yang terjadi. Metode yang digunakan dalam survei kondisi ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI).
Survei ini guna mendapatkan kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat & luas kerusakan yang terjadi,
dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan jalan tersebut, kemudian dianalisis dengan
menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI).
Hasil survei penelitian menunjukan jenis rata-rata persentase kerusakan pada ruas Jl. M. H. Thamrin Kec.
Ajung Kab. Jember antara lain : Retak Buaya 45,11%, Retak Memanjang/Melintang 18,5%, Tambalan 11,28%,
Retak Blok 11,28%, Amblas 0,75%, Kegemukan 1,50%, Alur 2,26%, dan Retak Pinggir 9,77%. Nilai PCI ratarata
pada
ruas
Jl.
M.
H.
Thamrin
yaitu
33%
yang
termasuk
dalam
kategori
Sangat
Buruk
(Very
Poor).
Dari
hasil
olah
data
PCI,
LHR,
dan
CBR
adalah
sta
0+000
s/d
0+100,
sta
0+100
s/d
0+200,
sta
0+200
s/d
0+300,
sta
0+400
s/d
0+500,
sta
0+600
s/d
0+700,
sta
0+900
s/d
1+000,
sta
1+000
s/d
1+100,
sta
1+200
s/d
1+300,
sta
1+300
s/d
1+400,
sta
1+500
s/d
1+600,
sta
1+800
s/d
1+900,
sta
1+900
s/d
2+000,
dan
sta
2+000
s/d
2+100
dengan
rekomendasi
perbaikannya
adalah
Tambal
Setempat
dengan
metode
Pemeliharan
Rutin
Jalan
Bina
Marga
1995.
Dan
pada
kerusakan
di
sta
0+300
s/d
0+400,
sta
0+500
s/d
0+600,
sta
0+700
s/d
0+800,
sta
0+800
s/d
0+900,
sta 1+100 s/d 1+200, sta 1+400 s/d 1+500, sta 1+600 s/d 1+700, dan sta 1+700 s/d 1+800 dengan
rekomendasi perbaikannya adalah Overlay. Perencanaan lapis tambahan (Overlay) dengan Metode Analisa
Komponen Bina Marga 1987 dengan hasil 7 cm untuk lapis tambahan (Overlay) dengan Laston (MS. 590). Dari
database yang sudah didapat maka selanjutnya mengintegrasikan data ke database yang telah kita buat di SQLyog64bit,
dan
kemudian
memasukkan
data
attribute
ke
QGIS
Desktop
3.12.2
kemudian
masukkan
ke
Pmapper,
dan
terakhir
integrasi ke Web Service Mapping (Sistem Pendukung Keputusan Perbaikan Jalan). Kegunaannya
mempermudah untuk melihat setiap segmen pada ruas Jl. M. H. Thamrin Kec. Ajung Kab. Jember tinggal klik
titik kerusakannya pada view peta akan tampil sta, letak kerusakan, tingkat kerusakan, panjang kerusakan, lebar
kerusakan, kedalaman kerusakan, luas kerusakan, lebar retakan kerusakan, jenis kerusakan, dokumentasi
kerusakan, dan saran perbaikan.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Penanganan Bina Marga, Sistem Pendukung Keputusan Perbaikan Jalan, Web Service Mapping. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Irawati Irawati | irawati@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:40 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |