IMPLEMENTASI K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PREDIKSI KETERLAMBATAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN SEKOLAH (STUDI KASUS SMK NAHDLATUTH THALABAH)

HARIYANTO, SUBUR (2023) IMPLEMENTASI K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PREDIKSI KETERLAMBATAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN SEKOLAH (STUDI KASUS SMK NAHDLATUTH THALABAH). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Subur Hariyanto, Hardian Oktavianto, Daryanto, 2023. Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Prediksi Keterlambatan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Sekolah (Studi Kasus SMK Nahdlatuth Thalabah). Mengaplikasikan metode K-Nearest Neighbor (KNN) dilakukan dengan harapan dapat memprediksi adanya keterlambatan dalam pembayaran SPP. Adanya system tersebut sebagai jalan alternative apabila terjadi berbagai problema lain terkait keterlambatan pembayaran untuk sekolah. Maka pihak sekolah perlu memperoleh berbagai informasi terkait prediksi keterlambatan pembayaran SPP sehingga dapat mengambil tindakan alternative berbentuk pembinaan siswa-siswi atau orang tua yang diprediksi akan mengalami keterlambatan dalam pembayaran SPP. Rumusan masalah penalitian ini adalah Bagaimana cara untuk memprediksi keterlambatan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada SMK Nahdlatuth Thalabah menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN)? dengan tujuan untuk memprediksi keterlambatan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada SMK Nahdlatuth Thalabah menerapkan Metode K-Nearest Neighbor (KNN). Metode penelitian ini K-Nearest Neighbor terfokus sebab berdasarkan permasalahan yang terjadi dilapangan, tahap yang digunakan study literature yakni mengumpulkan berbagai bahan sebagai refrensi perihal system sebuah prediksi tentang keterlambatan pembayaran SPP sekolah dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil Penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi kedepannya para Staff menjadi lebih cepat dalam input data, serta memproses klasifikasi keterlambatan pembayaran SPP. Menggunakan metode K-Nearest Neighbor dalam aplikasi keterlambatan pembayaran SPP ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam menentukan siswa keterlambatan pembayaran SPP. Dari hasil test Confusion Matrix, maka diperoleh jumlah True Negative sebanyak 11, dan False Positive sebanyak 2. Hasil True Positive sebanyak 12, dan False Negative sebanyak 5. Maka tingkat akurasi yang diperoleh menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor sebesar 76,66%. Kata Kunci : K-Nearest Neighbor, Prediksi Keterlambatan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Sekolah (SPP), SMK Nahdlatuth Thalabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: K-Nearest Neighbor, Prediction of Late Payment for School Education Development Contributions (SPP), Nahdlatuth Thalabah Vocational School.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: SUBUR HARIYANTO
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:24
Last Modified: 13 Apr 2023 04:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item