PEMURNIAN BIOGAS TERNAK SAPI DI PT. BIRO TEKNIK SINAR BARU DENGAN METODE ABSORBSI LARUTAN KAPUR (Ca(OH)2)) DALAM PENGEMBANGAN RENEWABLE ENERGY (ENERGI TERBARUKAN)

Vidiasari, Nadya Rahma (2023) PEMURNIAN BIOGAS TERNAK SAPI DI PT. BIRO TEKNIK SINAR BARU DENGAN METODE ABSORBSI LARUTAN KAPUR (Ca(OH)2)) DALAM PENGEMBANGAN RENEWABLE ENERGY (ENERGI TERBARUKAN). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

- Masyarakat di Indonesia banyak yang belum mengerti cara memanfaatkan limbah kotoran ternak terutama pada peternak-peternak yang ada di Indonesia. Banyak dari mereka yang hanya membuang begitu saja padahal ada banyak penyebab dari membuang limbah tersebut yaitu akan mengganggu orang lain dengan bau yang tidak sedap, sampai pada dapat menimbulkan penyakit dari limbah tersebut. Maka dari itu pemanfaatan yang cocok dan bias menghasilkan energy seperti listrik ataupun dapat digunakan sebagai gas untuk memasak yaitu di manfaatkan sebagai biogas. Biogas adalah proses pembuatan untuk pembangkit energi terbarukan dengan mengelola hasil limbah. Pemanfaatan biogas ini dapat sebagai pengganti energi gas ataupun pemanfaatan sebagai bahan bakar lainnya. Biogas itu sendiri dapat disebut dengan produk dari proses pemisahan secara biologis. Pemurnian biogas ini dapat dengan berbagai banyak cara akan tetapi bahan yang gampang ditemukan dan murah yaitu menggunakan metode absorbsi dengan larutan Ca(OH)2 yang dikenal dengan larutan kapur. Metode ini hanya mencampur kapur dengan air, berat kapur yang digunakan sebanyak 80gram, 100gram, 150gram, 200gram dan 250gram serta menggunakan air sebagai pelarut sebanyak 1liter. Setelah pemurnian akan mendapatkan hasil nilai kadar metana yang tinggi pada hari ke 4 gas sudah dapat digunakan kadar CH4 yang didapatkan pada hari ke 4 dengan 5 variasi berat kapur tersebut yaitu 13979,25 ppm sampai dengan 17458.12 ppm dengan nilai awal di angka 458,3 ppm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biogas, CH4, Metode Absorbsi, Larutan kapur (Ca(OH)2
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Nadya Rahma Vidiasari
Date Deposited: 23 May 2023 03:34
Last Modified: 23 May 2023 03:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item