Penerapan Komunikasi Pemasaran Digital Menggunakan Model SOSTAC Dalam Mempromosikan Hijab Amalia Collection Melalui Instagram

Ansa, Ghifari Aulia (2023) Penerapan Komunikasi Pemasaran Digital Menggunakan Model SOSTAC Dalam Mempromosikan Hijab Amalia Collection Melalui Instagram. Undergraduate thesis, Universitas Muhammdiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (713kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (681kB)

Abstract

Ansa, Ghifari Aulia. Maret 2023. Penerapan Komunikasi Pemasaran Digital Menggunakan Model SOSTAC Dalam Mempromosikan Hijab Amalia Collection Melalui Instagram. Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing: Ari Susanti, S.Sos., M.Med.Kom. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Digital, Metode SOSTAC, Instagram Promosi produk yang dilakukan oleh pelaku usaha saat ini sudah beralih dari konvensional menjadi digital marketing. Instagram sendiri menjadi media sosial yang digunakan sebagai digital marketing untuk mempromosikan produk, salah satunya yaitu produk hijab Amalia Collection. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penerapan komunikasi pemasaran digital dengan memanfaatkan model SOSTAC untuk mempromosikan hijab Amalia Collection melalui Instagram. Metode penelitian yang dipakai yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilangsungkan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun promosi produk Amalia Collection menggunakan metode SOSTAC. Situation Analysis berhubungan pada analisis SWOT. Objective berkaitan pada analisis 5S dimana sell dilakukan dengan promo, server tanggapan mengenai keluhan, speak melalui Live Instagram, save melalui pembuatan spam Instagram, Sizzle dengan memanfaatkan jasa influencer. Strategy memanfaatkan metode STOP (Segementation, Target, Overall Objectives, Positioning) dan SIT (Sequence or Stage, Integration,Tools). Tactics dengan memanfaatkan model Marketing Mix. Action dilakukan dengan sistem produksi yang memiliki target setiap bulannya mengeluarkan jilbab model terbaru atau mengeluarkan model best seller di bulan sebelumnya, menggunakan viral marketing, dan memanfaatkan program affiliates. Control dilakukan dengan evaluasi dan kontrol hasil kerja langsung dari pemilik yang akan melakukan penilaian sesuai kriteria mulai dari tim produksi, gudang, administrasi, kreatif, dan pengemasan produk agar penjualan produk tetap konsisten. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa implementasi strategi SOSTAC ini sangat mendukung proses komunikasi pemasaran produk Amalia Collection dengan media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital, Metode SOSTAC, Instagram
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Ghifari Aulia Ansa
Date Deposited: 25 May 2023 03:28
Last Modified: 25 May 2023 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16983

Actions (login required)

View Item View Item