Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Tri Rachmawati, Novita (2016) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
01.MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
02.SILABUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Kenyataan yang dapat dilihat dilapangan di kelas VII MTs Ar Rohman Kedunglangkap menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 80% mengalami peningkatan sebesar 9%. Ranah afektif siklus I mencapai 72% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 82% dengan kategori “baik”. Sedangkan ranah psikomotor pada siklus I mencapai 75% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 83% “baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran CPS.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, NovyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDUtomo, Agus PrasetyoUNSPECIFIED
Date Deposited: 03 May 2019 01:45
Last Modified: 30 Oct 2019 02:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item