(SIMILARITY + DOCUMENT) RESPONS KEDELAI TERHADAP PEMBUANGAN DAUN TEBU DAN PENYIANGAN GULMA PADA SISTEM TUMPANGSARI TEBU - KEDELAI DI LAHAN TEBU

Arofik, Mohammad Zainul and UMARIE, ISKANDAR and SUROSO, BEJO (2014) (SIMILARITY + DOCUMENT) RESPONS KEDELAI TERHADAP PEMBUANGAN DAUN TEBU DAN PENYIANGAN GULMA PADA SISTEM TUMPANGSARI TEBU - KEDELAI DI LAHAN TEBU. Agritrop, Indonesia.

[img] Text
1. Daftar Isi dan naskah.pdf

Download (578kB)
[img] Text
2. RESPONS KEDELAI TERHADAP PEMBUANGAN DAUN TEBU DAN PENYIANGAN GULMA PADA SISTEM TUMPANGSARI TEBUKEDEL.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuangan daun tebu dan frekuensi penyiangan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada sistem budidaya tumpang sari tebu dan kedelai telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember, dengan ketinggian tempat 89 m dpl, pada tanggal 11 Februari 2014 sampai dengan tanggal 27 Mei 2014. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan perlakuan penyiangan tanaman 2 minggu setelah tanam kedelai, penyiangan tanaman 2 dan 4 minggu setelah tanam kedelai, dan penyiangan tanaman 2, 4, dan 6 minggu setelah tanam kedelai. Pengklentekan daun tebu 3 minggu setelah tanam kedelai, pengklentekan daun tebu 3 dan 6 minggu setelah tanam kedelai, pengklentekan daun tebu 3, 6, dan 9 minggu setelah tanam kedelai, serta pengklentekan daun tebu 3, 6, 9, dan 12 minggu setelah tanam kedelai. Kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali pada jarak tanam yang berbeda yaitu: 10 cm x 20 cm, 20 cm x 20 cm, dan 30 cm x 20 cm. Perlakuan pengklentekan daun tebu tidak menunjukkan pengaruh yang nyata pada semua parameter yang diamati, begitu juga dengan perlakuan penyiangan. Namun pada ulangan jarak tanam menunjukkan pengaruh yang nyata pada tinggi tanaman dan umur berbung kedelai, berbeda sangat nyata pada jumlah cabang, jumlah buku subur, jumlah biji pertanaman, dan berat biji per tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata pada umur panen dan berat 100 biji tanaman kedelai.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Intercropping, sugar cane, soybean
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Iskandar Umarie
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:16
Last Modified: 03 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item