Analisis Pengaruh Financial Leverage Terhadap Return on Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Hermanto, Rudi (2016) Analisis Pengaruh Financial Leverage Terhadap Return on Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh financial leverage terhadap return on equity (ROE) dan earning per share (EPS). Financial leverage adalah penggunaan sumber dana eksternal yang memiliki beban tetap dengan harapan bisa meningkatkan laba bersih lebih besar dibandingkan beban yang harus ditanggung oleh perusahaan. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai dengan teknik pengambilan sample yang dilakukan oleh penulis. Data yang diperlukan pada skripsi ini adalah data laporan keuangan selama tahun 2010 – 2014 yang penulis dapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Variabel independent (X) dalam penelitian ini adalah financial leverage sedangkan variabel dependent (Y) adalah adalah return on equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). Untung menghitung ada tidaknya pengaruh financial leverage terhadap return on equity (ROE) dan earning per share (EPS) digunakan analisis regresi dan uji hipotesis. Dari perhitungan analisis regresi diperoleh bahwa pengaruh financial leverage terhadap return on equity (ROE) merujuk pada nilai t hitung (kolom t) sebesar 2,062 dibandingkan dengan t tabel (dengan n = 40 sebesar 2,021) artinya t hitung > t tabel dengan nilai signifikansi masih dibawah 0,05 (signifikansi 5%) maka nilai koefisien regresi yang ada bersifat signifikan atau berarti penting, artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima sehingga pegaruh financial leverage terhadap ROE menunjukkan pengaruh positif dan signifikan, sedangkan pengaruh financial leverage terhadap earning per share (EPS) merujuk pada nilai t hitung (kolom t) sebesar 3,224 dibandingkan dengan t tabel (dengan n = 40 sebesar 2,021) artinya t hitung > t tabel dengan nilai signifikansi di atas 0,05 (signifikansi 5%) maka nilai koefisien regresi yang ada bersifat tidak signifikan atau berarti tidak penting, artinya adalah Ho ditolak dan ha diterima sehingga pegaruh financial leverage terhadap EPS menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan pada sepuluh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Penulis berharap bahwa dalam penggunaan financial leverage harus hati-hati dan memperhitungkan masak-masak penggunaanya agar bisa meningkatkan laba perusahaan karena jika tidak, bisa menjadikan beban perusahaan lebih besar.

Item Type: Article
Additional Information: Rudi Hermanto (1210422010)
Uncontrolled Keywords: Financial Leverage, Pengaruh Financial Leverage Terhadap ROE dan EPS.
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
300 Social Science > 330 Economics > 334 Cooperative
300 Social Science > 330 Economics > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 21 May 2018 03:44
Last Modified: 21 May 2018 03:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item