KAJIAN YURIDIS PENDAFTARAN PERKAWINAN BAGI WARGA NEGARA INDONESIA YANG MELANGSUNGKAN PERKAWINAN DENGAN WARGA NEGARA ASING BERDASARKAN SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI INDONESIA

Arianto, Totok (2023) KAJIAN YURIDIS PENDAFTARAN PERKAWINAN BAGI WARGA NEGARA INDONESIA YANG MELANGSUNGKAN PERKAWINAN DENGAN WARGA NEGARA ASING BERDASARKAN SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Perkembangan hukum Dapat dilihat dari kegiatan hukum Warga Negara Indonesia yang bersentuhan dengan Warga Negara Asing, seperti perkawinan antaraWarga Negara IndonesiadenganWarga Negara Asing luar negeri.Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Pasal 2 Ayat 2 menyatakan Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bagaimana jika negara tempat Warga Negara Indonesia denganWarga Negara Asingyangmelangsungkan perkawinan tidak menyeleggarakan perkawinan, maka dari itu terdapat Undang-Undang lain juga yang mengatur terkait dengan masalah pendaftaran perkawinan yakni Undang-Undang Administrasi Kependudukan,Jenis penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif, tipe penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Disebut dngan istilah penelitian kepustakaan. Dinamakan penelitian kepustakaan karena dalam penelitian hukum normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan Pustaka atau data sekunder saja, kesimpulan dari penelitian ini yaitu perkawinan di luar negeri yang dilakukan oleh Warga Negara Indonesia dengan Warga Negara Asing perkawinan tersebut wajib dicatatkan pada instansi yang berwenang di negara setempat dan dilaporkan pada perwakilan Republik Indonesia. Apabila negara tempat dilangsungkannya perkawinan tidak menyelenggarakan pencatatan perkawinan bagi Warga Negara Asing maka pencatatan perkawinan dapat dilakukan pada perwakilan Republik Indonesia setempat, dan harus didaftarkan ketika mereka tiba di Indonesia Sehingga perkawinan dapat memberikan kepastian hukum terhadap anak yang nantinya dilahirkan dalam perkawinan dan kepastian status hukum sebagai suamiistri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran perkawinan,Perkawinan beda negara, Perkawinan campuran
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: TOTOK ARIANTO
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:47
Last Modified: 03 Jul 2023 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item