(SIMILARITY + DOCUMENT) KOMBINASI MEDIA TUMBUH MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERONG (Solanum melongena L) PADA BUDIDAYA HIDROPONIK DUCK BUCKED SYSTEM

UMARIE, ISKANDAR and Wijaya, Insan and Suhadi, Suhadi (2019) (SIMILARITY + DOCUMENT) KOMBINASI MEDIA TUMBUH MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERONG (Solanum melongena L) PADA BUDIDAYA HIDROPONIK DUCK BUCKED SYSTEM. AGROTECH, Indonesia.

[img] Text
daftar isi dan naskah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KOMBINASI MEDIA TUMBUH MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERONG (Solanum melongena L) PADA.pdf

Download (768kB)

Abstract

Dewasa ini bisnis terong masih memberikan peluang pasar yang cukup baik terutama untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri. Hidroponik merupakan salah satu cara budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, akan tetapi menggunakan media seperti arang sekam, serbuk gergaji, pasir halus, batu bata, sabut kelapa, dan lainnya. Tujuan penelitian, untuk mendapatkan komposisi media terbaik budidaya terong secara hidroponik sistem Duck Bucked. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Urban Agriculture Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember, Desember 2018 sampai April 2019, dirancang Rancangan Acak Kelompok disusun secaranon factorial diulang 3 kali. Perlakuan meliputi A (Arang sekam), S ( Serbuk Gergaji), B (Batu bata), AS (Arang sekam dan Serbuk gergaji) dengan perbandingan 3 : 1, AB (Arang sekam dan Batu bata) dengan perbandingan 3 : 1, BA (Batu bata dan Arang sekam) dengan perbandingan 3 : 1, BS (Batu bata dan Serbuk gergaji) dengan perbandingan 3 : 1, SA (Serbuk gergaji dan Arang sekam) dengan perbandingan 3 : 1, SB (Serbuk gergaji dan Batu bata) dengan perbandingan 3 : 1, ASB (Arang sekam, Serbuk gergaji dan Batu bata) dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Hasil Penelitian menunjukkan, perlakuan komposisi media tanam substrat berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif tinggi tanaman pada 45 dan 60 hst, berat basah berangkasan, berat kering berangkasan, berat basah akar, dan berat kering akar, media substrat terbaik pecahan batu bata. Sedangakan komposisi media tanam substrat berpengaruh terhadap jumlah buah panen ke-III dan ke-V media substrat terbaik media substrat pecahan batu bata. Kesimpulan media subtrat pecahan batu bata merupakan media subtrat yang terbaik untuk tanaman terong pada sistem hidroponik Duck Bucked.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Urban Agriculture, Media Substrat, Hidroponik Duck Bucked, dan Tanaman Terong
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Iskandar Umarie
Contact Email Address: iskandarumarie@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:45
Last Modified: 03 Jul 2023 02:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item