(SIMILARITY + DOCUMENT) IbM ANGGOTA PKK MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA SAYUR SECARA VERTIKULTUR DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

UMARIE, ISKANDAR and GUNASTI, AMRI (2015) (SIMILARITY + DOCUMENT) IbM ANGGOTA PKK MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA SAYUR SECARA VERTIKULTUR DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. IPTEKS Pengabdian Masyarakat, Indonesia.

[img] Text
IbM ANGGOTA PKK MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA SAYUR SECARA VERTIKULTUR DI KECAMATAN KALIWATES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi dan Naskah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari program pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan Anggota PKK 04 RW 07 Perum Villa Tegal Besar dan Anggota PKK 06 RW 07 Perum Villa Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember agar dapat mandiri secara ekonomi. Tujuan khusus lainnya adalah membantu menciptakan kesejahteraan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat melalui kegiatan budidaya sayur secara Vertikultur Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah penerapan Teknologi Budidaya Sayur Secara Vertikultur. Sementara itu, kegiatan yang diusulkan berupa rekayasa sosial-1 dan rekayasa sosial-2 melalui pelatihan teknik budidaya dan manajemen usahatani budidaya sayur secara vertikultur selama 4 hari. Selanjutnya memerlukan persiapan dengan mengkoordinasikan dengan pihak terkait baik kepada pemerintah, stake holders, dan mitra. Dalam pelatihan ada materi praktikum langsung proses budidaya sayur secara vertikultur melalui penerapan teknologi Pengelolaan Tanaman terpadu (PTT). Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah kelompok mitra sudah memahami dan menguasai teknik budidaya sayur secara vertikultur mulai dari pembuatan media tumbuh, pembibitan sampai dengan pemanenan. Selain itu, pelatihan manajemen usaha sudah dilakukan sebelumnya denga hasil diantaranya peserta sudah dapat memahami manajemen usaha dengan baik dan sipa ditindaklanjuti terhadap usaha yang dijalankannya selama ini. Selain itu juga Mitra telah mengimplementasikannya program IbM yang dimulai dari persiapan pembuatan rak vertikultur, media tumbuh sampai dengan tahapan penanaman, pemeliharaan dan pemanenen secara baik dengan pendampingan mahasiswa.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Iskandar Umarie
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:01
Last Modified: 03 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17477

Actions (login required)

View Item View Item