Efektivitas Metode Pembelajaran Field Trip Pada Penulisan Puisi Siswa Kelas X SMK Akbar Umbulsari

Cahyani, Ade Irma (2023) Efektivitas Metode Pembelajaran Field Trip Pada Penulisan Puisi Siswa Kelas X SMK Akbar Umbulsari. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Cahyani, Ade Irma. 2023. Efektivitas Metode Pembelajaran Field Trip Pada Penulisan Puisi Siswa Kelas X SMK Akbar Umbulsari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitaas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Agus Milu Susetyo, M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. Kata Kunci : Metode Field Trip, Hasil Belajar, Menulis Puisi Metode Field Trip merupakan metode yang melibatkan siswanya untuk melakukan pembelajaran diluar ruangan untuk melihat lokasi yang berada diluar kelas, metode ini dilakukan guna menambah wawasan siswa untuk mencapai tujuan terentu. Tujuan Field Trip sendiri yaitu untuk menunjukkan kepada siswa bahwa pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, dengan tujuan yang tepat jika kita belajar diluar kelas maka otak kita menjadi tidak jenuh dan bosan dengan kondisi di dalam kelas. menggunakan pendekatan Field Trip berdampak pada hasil belajar menulis puisi. Dalam pendekatan Field Trip, instruktur meminta siswa untuk meninggalkan kelas agar mereka dapat melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang hal-hal tertentu. Siswa dapat mengeksplorasi ide-ide mereka dengan lebih bebas berkat metode pengajaran Field Trip saat ini, yang memanfaatkan dunia nyata dan fleksibilitas untuk memilih hal atau mata pelajaran yang sesuai untuk belajar mengarang puisi. Peneliti ingin menerapkan secara langsung metode Field Trip keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari dengan menggunakan metode eksperimen dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan temuan penelitian, terbukti bahwa murid telah berubah. Dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar bahasa Indonesia, ditemukan 8 siswa tidak tuntas dan 4 orang termasuk kategori tuntas. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58%, dengan kriteria sangat rendah 25%, kriteria rendah 33,33%, kriteria sedang 41,66%, kriteria tinggi 0%, dan kriteria sangat tinggi 0%. Oleh karena itu berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa sebelum teknik pembelajaran Field Trip dilaksanakan, hasil belajar siswa berada di bawah ambang batas 70% pencapaiaanya.Selanjutnya, nilai rata-rata Posttest adalah 74, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Field Trip lebih unggul dibandingkan dengan sebelum penerapannya. Selain itu, persentase siswa yang belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua meningkat dari 0% untuk standar sangat rendah menjadi 8,33% untuk standar rendah, 50% untuk standar sedang, 41,66% untuk standar baik, dan 0% untuk standar sangat tinggi. Hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima apabila menggunakan metode Field Trip, yang berarti ada pengaruh dalam melakukannya. Dengan menggunakan uji-t terlihat bahwa tHitung sebesar 6,71, dengan frekuensi (dk) 12-1 = 11, pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel -= 2,20. Penerapan teknik ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan kinerja menulis puisi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip, Hasil Belajar, Menulis Puisi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Ade Irma Cahyani
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:07
Last Modified: 03 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item