PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN PRODUK KOSMETIK MENGANDUNG BAHAN BERBAHAYA YANG MERUGIKAN KONSUMEN (Studi Analisis Produk KosmetikTemulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening)

Putri, Ela Oktavia (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN PRODUK KOSMETIK MENGANDUNG BAHAN BERBAHAYA YANG MERUGIKAN KONSUMEN (Studi Analisis Produk KosmetikTemulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)

Abstract

Pengertian kosmetika menurut Pasal 1 angka (1) Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 176/MenKes/PER/VIII/2010 tentang Penetapan istilah Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang kegunaannya yakni aplikasi di luar tubuh manusia untuk mengubah penampilan atau memperbaiki serta memelihara tubuh. Jenis kosmetik seperti bedak, pensil alis, dan lipstik, wanita wajib memilikinya, selain produk kosmetik dalam negeri, pasar kosmetik dari luar negeri juga bisa masuk ke Indonesia karena pesatnya globalisasi. Produk kosmetik yang diciptakan sebagai hasil dari perkembangan industri farmasi lebih mengikat keinginan wanita untuk tampil cantik dan sempurna, maka dari itu segala situasi dimanfaatkan oleh sekelompok pengusaha tidak bertanggung jawab yang memproduksi atau menjual kosmetik yang tidak memenuhi syarat. Pemerintah mengundangkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen supaya terpenuhnya dan terlindungnya konsumen dan memberikan persyaratan terhadap produk kosmetik. Aturan diatas meski telah ditegaskan dan diundangkan, masih ada ketidaktaatan pelaku usaha dalam kegiatan perdagangan terhadap kosmetik yang diproduksinya mengandung bahan berbahaya. Contoh yaitu peredaran produk kosmetik Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening yang mengandung merkuri. Hal ini juga termasuk melanggar dalam Pasal 4 huruf c Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), produk kosmetik yang diperjual belikan dengan bahan mengandung merkuri merupakan suatu contoh kurangnya pengawasan pemerintah dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga produk-produk kosmetik tersebut masih dapat beredar di masyarakat. Salah satu produk yang sedang populer dan diminati oleh banyak orang adalah kosmetik Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening yang diketahui peredarannya tersebar di seluruh wilayah negara Republik Indonesia dan diketahui mengandung zat berbahaya yakni merkuri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Definition of Cosmetics, Consumer Protection, Hazardous Substances
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Ela Oktavia Putri
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:24
Last Modified: 11 Jul 2023 04:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17649

Actions (login required)

View Item View Item