Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pemebalajaran Quantum Learning dan Model Pembelajaran NHT

Yahya, Ajeng Ferdiana (2016) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pemebalajaran Quantum Learning dan Model Pembelajaran NHT. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak nilai matematika siswa yang dibawah nilai standart, dikarenakan model pembelajaran yang kurang menarik. Dari latar belakang tersebut peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) (2) Hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) ?. Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dan untuk mengetahui mana yang lebih baik hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada 19 April hingga 30 April 2016 di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan analisis data pada uji dua pihak diperoleh nilai Zhitung = 5,67 sementara interval Ztabel berada antara -1,96 sampai 1,96 sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Kemudian dilanjutkan dengan uji satu pihak pada hipotesis II diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 5,67 > 1,65. Sehingga Ho ditolak, artinya hasil belajar matematika dengan menggunakan Quantum Learning lebih baik daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together).

Item Type: Article
Additional Information: Ajeng Ferdiana Yahya (1210251031)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Quantum Learning, Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 02:16
Last Modified: 14 May 2019 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item