Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Materi Uji Mutu Fisik Kualitas Biji Kopi di Kelas XI SMK

Maghfiroh, A'idah Muflichatul (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Materi Uji Mutu Fisik Kualitas Biji Kopi di Kelas XI SMK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (675kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dapat dilakukan dengan memperoleh Pendidikan yang layak. Untuk mewujudkan hal tersebut fasilitas Pendidikan yang ada harus ditingkatkan, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Namun fakta dilapangan menemukan hasil bahwa media pembelajaran yang digunakan masih belum menggunakan e-modul sehingga perlu untuk dikembangkan agar berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar yaitu melalui penggunaan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Maret 2023 di SMK Negeri 5 Jember. Subjek pada penelitian ini yaitu masing-masing 2 orang validator ahli perangkat dan ahli praktisi, serta siswa kelas XI Konsentrasi Keahlian Pengawasan Mutu Hasil Pertanian SMK 5 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis model PBL (Problem Based Learning) materi uji mutu fisik kualitas biji kopi kelas XI SMK yang valid dan efektif, dan mengetahui pengaruh penggunaan e-modul yang dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan menggunakan lima tahap pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket need assessment guru dan siswa, angket validasi ahli perangkat dan praktisi, tes hasil belajar dalam bentuk prettest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Data yang didapatkan akan dianalisis untuk mengetahui validitas produk, respon peserta didik, dan hasil belajar. Uji validitas dan respon peserta didik terhadap produk menggunakan dianalisis menggunakan skala Likert. Serta hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan Uji T untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-modul terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat valid dengan skor sebesar 89,13%. Penggunaan e-modul berbasis PBL yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata nilai N-gain masuk dalam kategori sedang pada uji kelompok besar dan 0,72 pada uji kelompok kecil atau masuk kategori tinggi. Respon peserta didik menunjukkan kriteria sangat menarik berdasarkan rata-rata respon yang diperoleh sebesar 86%-89% pada kedua kelompok uji. Dan sesuai hasil Uji T yang menunjukkan Sig. < 0,05 sehingga penggunaan e-modul memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, e-modul berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, PBL, dan Biji Kopi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 575 Specific Parts of & System in Plants
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: A'IDAH MUFLICHATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:09
Last Modified: 12 Jul 2023 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item