ANALISIS YURIDIS MANAJEMEN RISIKO DALAM PELAKSANAAN BANCASSURANCE DI INDONESIA BERDASARKAN SURAT EDARAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 33/SEOJK.03/2016 TENTANG PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA BANK YANG MELAKUKAN AKTIVITAS KERJASAMA PEMASARAN DENGAN PERUSAHAAN ASURANSI (BANCASSURANCE)

WIDHIANTI, KRIS (2023) ANALISIS YURIDIS MANAJEMEN RISIKO DALAM PELAKSANAAN BANCASSURANCE DI INDONESIA BERDASARKAN SURAT EDARAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 33/SEOJK.03/2016 TENTANG PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA BANK YANG MELAKUKAN AKTIVITAS KERJASAMA PEMASARAN DENGAN PERUSAHAAN ASURANSI (BANCASSURANCE). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Lampiran Pertanyaan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Bancassurance dilihat dari sisi hukum merupakan aktivitas hukum yang timbul dari perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pihak bank dimana bank sepakat untuk bertindak sebagai pihak yang menawarkan atau memasarkan produk-produk asuransi di dalam wilayah jangkauan pasar yang dimiliki oleh bank tersebut Tidak menutup kemungkinan risiko akan ada kedepannya jika tidak ada aturan yang jelas mengenai pelaksanaan bancassurance tersebut. Manajemen risiko seharusnya dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya risiko. Oleh karena itu muncul pertanyaan bagaimana peran Otoritas Jasa Keuangan dalam melakukan mitigasi pelaksanaan bancassurance di Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan konseptual dengan jenis penelitian yuridis normatif. Mitigasi awal dalam pelaksanaan bancassurance yaitu dengan pemilihan mitra perusahaan asuransi yang tepat sesuai dengan keuntungan dan manfaat untuk dilakukannya kerjasama sampai pada rencana kerja dan persetujuan dari otoritas jasa keuangan sebagai lembaga pengawas. Bank wajib memiliki prosedur secara tertulis untuk mengelola risiko yang melekat pada kegiatan bancassurance yang mencakup sistem dan prosedur serta kewenangan dalam pengelolaan produk; identifikasi seluruh risiko yang melekat pada produk; metode pengukuran dan pemantauan risiko pada produk; metode pencatatan akuntansi untuk produk; analisis aspek hukum produk; dan transparansi informasi kepada nasabah. Kata Kunci: Mitigasi, Manajemen Risiko, Bancassurance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mitigasi, Manajemen Risiko, Bancassurance.
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: KRIS WIDHIANTI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDREYKASARI, YUNITAnidn0714058601
Contact Email Address: kriswidianti18@gmail.com
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:30
Last Modified: 14 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17717

Actions (login required)

View Item View Item