Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Alat Peraga dan Model Pembelajaran Kooperatif Learning

dwy, Rosita (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Alat Peraga dan Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ROSITA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
pendahuluan 2 newwww.pdf

Download (469kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I revisi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB III revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
bab v revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB VI revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Lampiran 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah MA Ma’arif Ambulu biasanya siswa cenderung ramai dan kurang memperhatikan saat guru menjelaskan pembelajaran, Dalam wawancara dengan guru mata pelajaran metode yang biasa di gunakan adalah metode diskusi dan ceramah, guru belum menggunakan media tiruan atau alat peraga pada materi yang tidak ada di alam misalnya konsep cara kerja jantung, pernafasan. dll, hasil belajar biologi yang didapat siswa belum mencapai KKM 75. dengan ketuntasan klasikal 75%. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media alat peraga dan model kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA MA Ma’arif Ambulu semester 2 Tahun 2015 – 2016 konsep sistem indra pada manusia ( indra pendengaran ).tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media alat peraga dan model kooperatif learning siswa XI MA Ma’arif Ambulu, Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 April sampai 11 Mei 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang baik yaitu peningkatan diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I adalah 76% sedangkan rata-rata ketercapaian pada ranah afektif 86,9% dan rata - rata ketercapaian pada ranah psikomotor 8,6%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperoleh ketuntasan ketercapaian klasikal pada ranah kognitif adalah 88% sedangkan rata -rata ketercapaian pada ranah afektif 93,7% dan rata- rata ketercapaian pada ranah psikomotor 88,2%., Kesimpulan dari penelitian ini Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Dan Model Pembelajaran Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA MA Ma’arif Ambulu , Saran peneliti penggunaan media alat peraga dan model kooperatif learning ini dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran yang ada agar dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, alat peraga, kooperatif learning
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHerrianto, ElfienUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDKomarayanti, SawitriUNSPECIFIED
Date Deposited: 15 May 2019 03:00
Last Modified: 29 Oct 2019 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item