Rahmaawati, Ayu Aprilia (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif College Ball untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika (pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di MTs Akbar Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
jurnaL.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
1COVER.pdf Download (16kB) |
||
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
||
Text
14 ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (39kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
1 SILABUS PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
Abstract
Strategi Pembelajaran College Ball adalah strategi belajar yang dikembangkan oleh Silberman sebagai cabang dari strategi pembelajaran aktif. Strategi ini digunakan untuk menguatkan kembali, mengklarifikasi, dan meringkas poin-poin kunci pembelajaran yang diajarkan didalam kelas. College ball juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memadukan unsur permainan dan kompetisi membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Masalah Penelitian pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran College Ball dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika di VIII A MTs Akbar Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran College Ball guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas VIII A MTs Akbar Jember. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Akbar Jember, kelas VIII A tahun ajaran 2015/2016 pada bulan maret sampai april 2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, hasil tes siswa, hasil wawancara dengan guru. Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran yang berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran College Ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa aktivitas siswa siswa selama proses pembelajaran telah memenuhi kriteria cukup aktif pada ke empat aspek yang diamati, yaitu memperhatikan penjelasan guru, bertanya, bekerjasama bersama bersama kelompok, dan meminta kesempatan menjawab dari guru. Hasil belajar secara klasikal, yaitu 75%. Pada tes II prosentase hasil belajar siswa telah mencapai 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran College Ball, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 14 May 2019 03:13 |
Last Modified: | 16 Nov 2019 01:38 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1779 |
Actions (login required)
View Item |