Penerapan Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Tunikmah, Devy Liana (2016) Penerapan Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh aktivitas dan penilaian hasil belajar yang masih rendah yang disebabkan oleh pembelajaran masih terpusat pada guru. Aktivitas siswa masih tergolong pasif. Oleh karena itu, digunakan model pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa setelah proses penerapan pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP)? (2) bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah proses pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP)? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP). Jenis penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di MTsN Pesanggaran Banyuwangi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII G. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Aktivitas siswa meningkat selama menerapkan model Connected Mathematics Project (CMP). Dimana pada siklus I mencapai 80,17% dan pada siklus II naik menjadi 83 %. Hasil analisis data tes akhir pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Presentase terhadap hasil belajar matematika siswa dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal yaitu, pada siklus I presentase klasikal sebesar 71,78 % dan siklus II sebesar 81,25 %. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP) ini dapat dijadikan salah satu pilihan model pembelajaran untuk diterapkan disekolah. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah aktivitas dan hasil belajar matamatika siswa melalui model pembelajaran Connected Mathematict Project (CMP) di kelas VII G MTsN Pesanggaran Banyuwangi pada sub pokok bahasan statistika tahun pelajaran 2015/2016 meningkat dan berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Article
Additional Information: Devy Liana Tunikmah (1210251041)
Uncontrolled Keywords: Connected Mathematict Project (CMP), aktivitas, hasil belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 05:37
Last Modified: 14 May 2019 05:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item