Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Sari, Erwin Indah Cahya (2016) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
artikel PMR.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan perubahan ke arah perbaikan terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA Smp Satya Dharma Balung pada semester genap dari tanggal 19 April – 17 Mei 2016, dengan siswa berjumlah 18 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas yang dikumpulkan melalui observasi pada setiap pembelajaran dan hasil belajar diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa aktivitas siswa terjadi peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu 68% dan 82%. Sedangkan paa hasl belajara terjadi peningkatan sebesar 61% dan 89%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Satya Dharma Balung pada pokok bahasan kubus dan balok tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Article
Additional Information: Erwin Indah Cahya Sari (1210251051)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realisti, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 05:41
Last Modified: 14 May 2019 05:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item