ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK HASIL PERKAWINAN CAMPURAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN KEDUA ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK MENJADI UNDANG-UNDANG

Nisa, Nuning Choirun (2023) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK HASIL PERKAWINAN CAMPURAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN KEDUA ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK MENJADI UNDANG-UNDANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
8. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (739kB) | Request a copy

Abstract

Pengertian perkawinan campuran menurut Pasal 57 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 rentang perkawinan istilah perkawinan campuran adalah perkawinan antara dua orang yang ada diindonesia tunduk pada hukum yang lainnya, karena perbedaaan kewarganegaraan dan salah satu pihak berkewarganegaraan Indonesia. Perkawinan campuran antara warga Negara Indonesia dengan warga Negara Asing adalah konsekuensi logis dari perkembanagn zaman dimana peristiwa perkawinan campuran yang demikian merupakan suatu perbuatan hukum yang menimbulkan suatu permasalahan dan mempunyai akibat hukum yang bersifat keperdataan. Permsalahan tersebut akan timbul sebelum atau sesudah terjadinnya perkawinan bahkan factor utama permasalahan terjadi Ketika telah memiliki anak . Anak sendiri adalah amanah dan Tuhan Yang Maha Esa, setiap anak kelak mampu memikul tanggung jawabnya sendiri, maka anak mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial, berakhlak mulia, dan perlu dilakukan upaya perlindungan serta mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberi jaminan terhadap pemenuhan hak- haknya serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi. dalam Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perubahan Undang- undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Dalam kaitan dengan Undang-Undang Tentang Perlindungan Anak di jelaskan bahwa, bertitik tolak dari konsepsi perlindungan anak yang utuh, menyeluruh, dan komprehensif, undang-undang tersebut meletakkan kewajiban memberikan perlindungan kepada anak berdasarkan asas-asas sebagai berikut: 1) nondiskriminasi; 2) kepentingan yang terbaik bagi anak; 3) Hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, Penghargaan terhadap pendapat anak. Tetapi pada kenyatannya hal tersebut belum diakomodir dengan baik karena di masyarakat sendiri masih banyak kejadiannya anak yang lahir dari hasil perkawinan campuran mendapatkan pola asuh yang kurang baik dan banyaknya dampak yang ditimbulkan dengan adanya perkawianan tersebut sehingga perlindungan hukum bagi anak hasil perkawianan campuran harus lebih diperhatikan. Metode yabg digunakan pada penelitian ini yuridis normatif yaitu pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas- asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi anak hasil perkawinan campuran berdasarkan Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang- Undang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pekawinan campuran, pengertian anak, dan perlindungan hukum anak
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 346 Private Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Nuning Choirun Nisa'
Contact Email Address: nnuningc@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:38
Last Modified: 21 Jul 2023 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item View Item