Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Novitasari, Desi (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DESI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang dianggap efektif jika siswa terlibat secara aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, dan memberikan siswa belajar dengan waktu dan ruang yang nyaman. Di era globalisasi saat ini siswa sangat mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Internet dapat digunakan siswa untuk belajar secara online. Salah satu metode pembelajaran online yaitu pembelajaran e-learning (edmodo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis pada motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kognitif menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan nilai posttest yaitu P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Edmodo, Motivasi, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn8802183
UNSPECIFIEDSugeng, Gatotnidn195503061985031004
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:10
Last Modified: 19 Sep 2019 09:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item