Novitasari, Desi (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL DESI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (94kB) |
Abstract
Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang dianggap efektif jika siswa terlibat secara aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, dan memberikan siswa belajar dengan waktu dan ruang yang nyaman. Di era globalisasi saat ini siswa sangat mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Internet dapat digunakan siswa untuk belajar secara online. Salah satu metode pembelajaran online yaitu pembelajaran e-learning (edmodo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis pada motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kognitif menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan nilai posttest yaitu P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Edmodo, Motivasi, Hasil Belajar Kognitif | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2019 02:10 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2019 09:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |