EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) HANDAYANI SUKOWONO - JEMBER

Putri, Yurike (2023) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) HANDAYANI SUKOWONO - JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
C. BAB 1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, serta menganalisis terkait dengan penerapan sistem informasi pemberian kredit yang benar menurut teori. Objek dan lokasi penelitian yang digunakan adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Handayani Sukowono-Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan mendeskripsikan dan membandingkan sistem pemberian kredit menurut teori dengan sistem pemberian kredit menurut KPRI Handayani. Sementara untuk pendekatan penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada organisasi ekonomi atau entitas dalam melakukan aktivitas pemberian kredit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pemberian kredit yang diimplementasikan oleh KPRI Handayani Sukowono mulai dari fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, jaringan yang membentuk sistem pemberian kredit dan sistem pengendalian internal pemberian kredit belum sesuai dengan teori. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus KPRI Handayani diketahui bahwa ada 2 (dua) faktor penyebab kredit macet yaitu kurangnya analisis kredit (faktor internal) dan pengelolaan keuangan anggota (faktor eksternal). Oleh karena itu, sistem informasi akuntansi pemberian kredit menurut teori sebaiknya diterapkan sebaik mungkin agar sistem informasi akuntansi pemberian kredit di KPRI Handayani dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir kredit macet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Informasi Akuntansi, Pemberian Kredit, Teori, KPRI Handayani.
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 334 Cooperative
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Yurike Putri
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:03
Last Modified: 26 Jul 2023 02:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item