Keanekaragaman Mollusca di Pantai Mustika Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Pokok Bahasan Dunia Hewan



Fitasari, Rooviqi Nur (2017) Keanekaragaman Mollusca di Pantai Mustika Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Pokok Bahasan Dunia Hewan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of COVER - pd.pdf] Text
COVER - pd.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of ABSTRAK -pdf.pdf] Text
ABSTRAK -pdf.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB I - pdf.pdf] Text
BAB I - pdf.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II - pdf.pdf] Text
BAB II - pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB III - pdf.pdf] Text
BAB III - pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB IV - pdf.pdf] Text
BAB IV - pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB V - pdf.pdf] Text
BAB V - pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[thumbnail of Daftar Rujukan - pdf.pdf] Text
Daftar Rujukan - pdf.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk praktikum dengan cara ini menghitung keanekaragaman Phylum Mollusca kelas Gastropoda dan Bivalvia. Model Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode transek plot dengan mengambil sebagian jenis Mollusca yang ditemukan untuk diidentifikasi, dan dilakukan pengukuran faktor abiotik seperti suhu, dan pH. Analisa data menggunakan indeks Shannon Wienner. Metode pengembangan bahan ajar menggunakan model 4-D yang direduksi menjadi 3-D.. Hasil analisis skor rata-rata penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dari ahli perangkat dan pengguna diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 72,5 dan 91 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan dapat digunakan. Hasil sumber belajar biologi menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum memberikan respon positif lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif.

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ROOVIQI NUR FITASARI (1310211001)
Keywords/Kata Kunci: Keanekaragaman, Phylum Mollusca, Sumber Belajar Biologi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:29
Last Modified: 04 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item