Pemanfaatan e-commerce dan S-commerce dalam peningkatan penjualan pada UMKM Jember Enak



Finda Novita Dewi A, Finda (2023) Pemanfaatan e-commerce dan S-commerce dalam peningkatan penjualan pada UMKM Jember Enak. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of C. BAB 1.pdf] Text
C. BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D. BAB 2.pdf] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB 3.pdf] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB 4.pdf] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB 5.pdf] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi telah berdampak buruk pada perekonomian. Covid-19 berdampak banyak pada sektor industri, salah satunya adalah sektor kuliner yang mengalami penurunan penjualan, penurunan permintaan produk serta pengurangan tenaga kerja (Miawaty, 2021). Kesulitan yang dihadapi pemilik usaha ini membuat pemilik tertarik ingin bermitra ke pemasaran produk secara online dengan memanfaatkan media e-commerce sebagai sarana dalam meningkatkan penjualan dimasa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peranan e-commerce dalam pada penjualan UMKM Jember Enak. E-commerce yang diproksi adalah platform media sosial seperti Instagram dan Facebook serta pasar seperti Go food. Metode penelitian adalah deskriptif, yang menggambarkan hasil wawancara yang kemudian disajikan dalam tabel dan grafik dengan menggunakan sumber data primer dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan informan secara langsung tanpa perantara. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce dalam meningkatkan penjualan adalah peningkatan keuntungan, hubungan mitra meningkat, diketahui masyarakat luas, sistem pengendalian internet yang lebih baik. Namun, di sisi lain ada dampak negatif dari penggunaan E-commerce dalam meningkatkan penjualan yaitu pembatalan pesanan dari pelanggan, tidak tersedianya tempat parkir yang luas, dan order fiktif peluang.
Kata Kunci: E-commerce, Marketplace, Penjualan

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Wahyu Eko Setianingsih, SE.MM, Wahyu
NIDN0708127901
UNSPECIFIED
Pawestri Winahyu, S.PSi, MM, Pawestri
NIDN0728058701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: E-commerce, Marketplace, Penjualan
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Finda Novita Dewi A | findanovita529@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:26
Last Modified: 28 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item