Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Model Pembelajaran Konvensional

Zahro, Khilyatuz (2016) Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh persoalan pembelajaran yang membosankan sehingga banyak siswa yang cenderung pasif. Pada umumnya pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru yaitu model pembelajaran konvensional, dimana guru lebih aktif didepan dan siswa lebih banyak mendengar ceramah dari guru. Disamping itu pelajaran matematika kurang disukai oleh siswa karena masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu dalam membelajarkan matematika kepada siswa, digunakan model pembelajaran Course Review Horay sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan dan hasil belajar mana yang lebih baik antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIIIC dan VIIID . Penelitian ini dilakukan di MTs Wahid Hasyim Balung pada bulan Mei. Subjek penelitian adalah 77 siswa di dua kelas yaitu kelas VIIIC dan VIIID. Penelitian ini menggunakan design eksperimental yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran Course Review Horay dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung ≤ Ztable yaitu 1,83 ≤ 1,96. Sedangkan dari hasil post-test terdapat perbedaan antara pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung > Ztabel yaitu 4,69 > 1,96. Dan juga berdasarkan Zhitung diatas menghasilkan 4,69 > 1,65 artinya bahwa model pembelajaran CRH lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Additional Information: Khilyatuz Zahro (1210251059)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horay, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 May 2019 03:37
Last Modified: 20 May 2019 03:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item