Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)

Ulfaniah, Nadirotul (2016) Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL(1).pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
1.MATRIKS PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
2. KISI-KISI TRYOUT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
3. SOAL TRY OUT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena adanya dominasi guru sebagai akibat dari metode ceramah dan tanya jawab, belum adanya pengukuran tentang kreativitas siswa, kurangnya pengetahuan guru terkait dengan pengembangan model pembelajaran dan jarangnya siswa diminta untuk mengungkapkan alasannya dan menjelaskan secara lisan dan tulisan mengapa mereka memperoleh jawaban sehingga kreativitas siswa VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember masih dikatakan rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kreativitas siswa setelah menerapkan pendekatan Open-Ended pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember tahun pelajaran 2015/2016. Terdapat tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah menerapkan pendekatan Open-Endedpada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 19 April 2016 hingga 4 Mei 2016 di kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, soal tes, dan foto pada saat kegiatan berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kreativitas siswa meningkat selama menerapkan pendekatan Open-Ended. Kreativitas siswa meningkat setelah menerapkan pendekatan Open-Ended. Hal ini dilihat pada presentase kreativitas secara klasikal pada tes akhir siklus I yang menunjukkan angka 73,17% dan pada tes akhir siklus II meningkat menjadi87,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan Open-Ended terbukti menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, kreativitas, persegi panjang dan persegi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 20 May 2019 04:12
Last Modified: 16 Nov 2019 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item