Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)

Pratama, Mohammad Dwi (2023) Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN-1.pdf

Download (786kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
3. BAB I-1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

vi ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran dewan komisaris berdampak pada bagaimana Islamic social reporting diungkapkan. Selain itu untuk memastikan apakah pengungkapan Islamic social reporting dipengaruhi oleh profitabilitas dan untuk menentukan apakah kinerja lingkungan berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini antara lain Pengungkapan Islamic Social Reporting (Y), Ukuran Dewan Komisaris (X1), Profitabilitas (X2) dan Kinerja Lingkungan (X3). Penelitian dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis data menggunakan deskriptif data dan uji hipotesis. Berdasarkan data di atas, nilai koefisien determinasi adjusted R square sebesar 0,382 atau 38,2%. Hal ini berarti komite audit, profitabilitas, dan kinerja lingkungan merupakan variabel independen yang mampu menjelaskan 38,2% variasi variabel dependen yaitu tingkat pengungkapan Islamic social reporting (ISR), sedangkan sisanya sebesar 61,8% (100% - 38,2%) dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi ini mengeksplorasi hubungan antara variabel dependen pengungkapan pelaporan Islamic Social Reporting dan variabel independen (ukuran dewan komisaris, profitabilitas, dan kinerja lingkungan). Beberapa hipotesis penelitian diuji, dan hasilnya menunjukkan bahwa tidak semua tabel independen memiliki pengaruh yang signifikan secara signifikan terhadap variabel dependen. Faktor independen ukuran dewan komisaris, profitabilitas, dan kinerja lingkungan terbukti memiliki pengaruh yang menguntungkan dan substansial terhadap pengungkapan Islamic social reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Size of the Board of Commissioners, Profitability, Environmental Performance
Subjects: 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Mohammad Dwi Pratama
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:09
Last Modified: 28 Jul 2023 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item