Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segitiga dengan Kriteria Polya kelas VII D SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2015/2016

Sugiarto, Nanang (2016) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segitiga dengan Kriteria Polya kelas VII D SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL NANANG SUGIARTO 1210251053.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
1. MATRIKS PENELITIAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
2. kisi-kisi soal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
3. TRY OUT 7 C1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rata-rata nilai matematika siswa pokok bahasan segitiga adalah 70 dan kreteria ketuntasan minimal (KKM) matematika pada tahun 2014/2015 75 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai matematika siswa tidak memenuhi KKM karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan soal cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) dimanakah letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan segitiga dengan kriteria Polya? (2) apakah penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan segitiga Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan 11 April hingga 30 Mei 2016 di kelas VIID SMP Negeri 1 Semboro. Peneliti menggunakan data diataranya, yaitu metode tes, metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, tes hasil belajar, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segitiga dengan Kriteria Polya. Letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun kalimat matematika, kesalahan menyelesaikan kalimat matematika, kesalahan memeriksa kembali. Sedangkan jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep, kesalahan teknis, kesalahan penarikan kesimpulan. Penyebab kesalahan siswa dikarenakan tidak menuliskan diketahui, ditanya, dijawab, dan menggunakan rumus yang tidak sesuai soal. Kesimpulan letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun kalimat matematika, kesalahan menyelesaikan kalimat matematika, kesalahan memeriksa kembali. Penyebabnya kerena lupa tidak memberi keterangan, lupa rumus, tidak tahu cara menyesaikan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, soal cerita, segitiga, kriteria Polya
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWulandari, Crhistinenidn0804484
UNSPECIFIEDWahid, Rohmadnidn0729048701
Date Deposited: 20 May 2019 04:16
Last Modified: 16 Nov 2019 02:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item