Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Model Pembelajaran Konvensional

Agustin, Resti Alvioni (2016) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Model Pembelajaran Konvensional. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan rendahnya kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika di Indonesia masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga dalam pembelajaran matematika siswa hanya menerima informasi secara pasif. Oleh karena itu digunakan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation yang menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat saat pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Konvensional dan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran group investigation dengan model pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan keliling dan luas bangun datar segiempat (persegi dan persegi panjang). Penelitian dilakukan di MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti dari 3 Mei – 21 Mei 2016. Subjek peneslitian adalah 70 siswa di dua kelas yaitu VII B dan VII C. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran Group Investigation dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z table yaitu 0,31 < 1,96. Dari hasil post-test diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu 2,26 > 1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu 2,26 > 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Group Investigation dengan pembelajaran Konvensional pada sub pokok bahasan keliling dan luas bangun datar segiempat (persegi dan persegi panjang) di kelas VII MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2015/2016. Dan hasil belajar Group Investigation lebih baik dari pada Pembelajaran Konvensional pada pada sub pokok bahasan keliling dan luas bangun datar segiempat (persegi dan persegi panjang) di kelas VII MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Group Investigation, Pembelajaran Konvensional
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 May 2019 02:10
Last Modified: 11 Nov 2019 03:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item