Penerapan Model Pembelajaran Questions Student Have untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Sub Pokok Pertidaksamaan dan Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di Kelas X PM6 SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Pelajaran 2015/2016)

K, Rusdiana (2016) Penerapan Model Pembelajaran Questions Student Have untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Sub Pokok Pertidaksamaan dan Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di Kelas X PM6 SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Pelajaran 2015/2016). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah nilai kelas X PM6 tidak ada yang memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah. penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa yang pasif, sedikit tanya jawab dan siswa mencatat dari papan tulis. Sedikitnya tanya jawab dari siswa disebabkan siswa tidak berani bertanya secara lisan tentang materi yang belum dipahami, sehingga siswa tidak paham terhadap konsep yang telah diberikan oleh guru. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa saat menggunakan model pembelajaran questions student have pada sub pokok bahasan pertidaksamaan dan sistem pertidaksamaan linier dua variabel kelas X PM6 di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran questions student have pada sub pokok bahasan pertidaksamaan dan sistem pertidaksamaan linier dua variabel kelas X PM6 di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari tahun pelajaran 2015/2016?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 maret-15 april 2015 di kelas X PM6 SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini aktivitas siswa mengalami peningkatan saat penerapan model pembelajaran Questions Student Have. Pada siklus 1, rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 30,03% sedangkan pada siklus 2 naik menjadi 61,29%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 kentuntasan klasikal sebesar 51,72% dan pada siklus 2 naik menjadi 80,65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Questions Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa terus mengalami peningkatan sehingga berhasil memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Rusdiana K (1210251022)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Questions Student Have, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pertidaksamaan dan Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 21 May 2019 02:22
Last Modified: 14 Nov 2019 03:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item