ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT PENGUNGKAPAN TRANSAKSI PIHAK BERELASI DENGAN PSAK 7 (Study di Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI)

Hidayah, Akhmad Fikki Al (2023) ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT PENGUNGKAPAN TRANSAKSI PIHAK BERELASI DENGAN PSAK 7 (Study di Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (950kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pengungkapan transaksi pihak berelasi pada industri manufaktur dan membandingkan antar-sektornya serta menguji dan menganalisis pengaruhnya terhadap nilai perusahaan pada industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis isi dalam laporan pihak berelasi pada laporan tahunan. Untuk melakukan analisis isi pada suatu teks maka diberikan kode yang dibagikan ke dalam beberapa kategori dan kemudian dianalisis menggunakan analisis konseptual ataupun analisis relasional. Analisis konseptual berfungsi untuk menganalisis dan menginterpretasi teks dengan memberikan kode atas teks ke dalam kategori isi yang dapat dikelola. Sementara itu, analisis relasional dibangun berdasarkan analisis konseptual dengan memeriksa hubungan antara konsep-konsep dalam sebuah teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berkaitan dengan Praktik Pengungkapan Transaksi Pihak Berelasi, perusahaan manufaktur sebagaimana entitas perusahaan lainnya yang tercata di Bursa Efek Indonesia (BEI) merujuk pada ketentuan PSAK 7 tahun 2018. Praktik Pengungkapan PihakPihak Berelasi yang diungkapkan dalam laporan tahunan emiten dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu pengungkapan wajib (mandatory disclousure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure). Tingkat pengungkapan transaksi pihak berelasi pada perusahaan manufaktur yang bersifat keseluruhan (oscore) medapatkan skor sebesar 64,4% dan dikategorikan sebagai tingkat pengungkapan dengan kepatuhan sedang/menengah. Tingkat pengungkapan transaksi pihak berelasi pada perusahaan manufaktur yang bersifat wajib (mandatory) medapatkan skor sebesar 73,8% dan diklasifikasikan kedalam tingkat pengungkapan dengan tingkat kepatuhan sedang/menengah. Sedangkan untuk pengungkapan bersifat sukarela (voluntary), medapatkan skor sebesar 58,2%. Dan dapat diklasifikasikan kedalam tingkat pengungkapan dengan tingkat kepatuhan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengungkapan, Transaksi Pihak Berelasi, PSAK 7.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Akhmad Fikki Al Hidayah
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:00
Last Modified: 29 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item