Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan Model Konvensional

Solehatin, Siti (2016) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan Model Konvensional. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
1 halaman sampul.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
1 Matriks Atin 1 77-80.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
2 Wawancara sebelum 81-83.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran inovatif. Model pembelajaran NHT merupakan cara belajar kooperatif, dimana siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT dengan konvensional serta mengetahui adanya perbedaan antara keduanya pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 09 Jember, kelas VIII D dan VIII F tahun ajaran 2015/2016 pada bulan maret sampai april 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 09 Jember yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposife sampling seadanya yaitu ditentukan oleh kebijakan sekolah tanpa menghitung kesamaan rata-ratanya. Kleas yang terpilih yaitu kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen dan VIII F sebagai kelas Kontrol, yang masing-masing terdiri dari 35 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai Z hitung ≤ Z table yaitu 1,48 ≤ 1.96. Dari hasil post-testnya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung ≥ Z tabel yaitu 2,13 ≥ 1,96. Tidak hanya terdapat perbedaan saja, tetapi berdasarkan Z hitung diatas menerangkan bahwa model pembelajaran NHT lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (Kubus dan Balok). Dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada pretasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Number Heads Together (NHT), model pembelajaran Konvensional, Prestasi Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 21 May 2019 03:03
Last Modified: 16 Nov 2019 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item