Beni, Wuluh Handar (2023) Pengaruh pola komunikasi guru terhadap murid dalam meningkatkan motivasi belajar (study kasus di SDN.Karangpring 02 Kec.Sukorambi Kab.Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (587kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (658kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
J. ARTIKEL.pdf Download (842kB) |
Abstract
Salah satu bidang area yang terhubung langsung dengan Ilmu komunikasi yaitu adalah Ilmu Pendidikan. Penguasaan komunikasi yang baik di sekolah oleh Guru kepada murid akan memberikan peningkatan motivasi belajar serta peningkatan kualitas Pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi guru dengan murid saat proses belajar mengajar di SDN. Karangpring 02 Kec. Sukorambi Kab. Jember. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Wawancara, observasi, dan dokumentasi SDN yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sumber data yang disusun untuk itu.Berdasarkan data yang telah diperoleh komunikasi mengikuti perkembangan murid serta daya tangkap murid itu sendiri dalam kelas rendah guru berkomunikasi mengajar sambil bermain ceria sedangkan di kelas tinggi sudah mulai serius dan tidak ada permainan seperti di kelas rendah. Pola komunikasi diantara guru serta murid berjalan efektif guru berkomunikasi secara formal dan juga berkomunikasi secara khusus bentuk pola komunikasi adalah banyak arah dimana komunikasi ini dilakukan supaya terjadi umpan balik dari murid dan guru memberikan diskusi sehingga menimbulkan belajar aktif murid di kelas. Sarana prasarana yang baik dan memadai merupakan faktor yang berpengaruh dan menunjang proses belajar mengajar di SDN. Karangping 02 Kec.Sukorambi Kab.Jember. Komunikasi langsung antara orangtua dan anak di rumah berpengaruh dalam pembelajaran anak, pergaulan, dan sopan santun anak diluar lingkungan rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi guru, Orangtua, Motivasi | ||||||
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) | ||||||
Department: | S1 Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Wuluh Handarbeni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | wuluhhandarbeni55@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2023 02:40 | ||||||
Last Modified: | 29 Jul 2023 02:40 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18520 |
Actions (login required)
View Item |