Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Konvensional

Utami, Yenni Tri (2016) Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran matematika bersifat abstrak sehingga siswa sulit untuk menguasai konsep matematika. Oleh karena itu, siswa sulit untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika dalam pembelajaran. Selain itu metode guru dalam mengajar berpengaruh pada siswa dalam membangun konsep pemecahan masalah siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran konvensional? (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah yang menerapkan model pembelajaran RME lebih baik jika dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang menerapkan model pembelajaran RME lebih baik jika dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penlitian Eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada 26 April 2016 hingga 03 Mei 2016 di kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Uji hipotesis pertama dapat dilihat berdasarkan analisis data pada uji dua rataan dua pihak diperoleh nilai Zhitung = 6,51 sementara interval Ztabel berada antara -1,96 sampai 1,96 sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran konvensional. Kemudian dilanjutkan dengan uji dua rataan satu pihak pada hipotesis kedua diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 6,51 > 1,65. Sehingga Ho ditolak, artinya Kemampuan pemecahan masalah yang menerapkan model pembelajaran RME lebih baik jika dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Additional Information: Yenni Tri Utami (1210251029)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 May 2019 03:22
Last Modified: 21 May 2019 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item